Cara Merawat Kampas Kopling Mobil, Pahami Supaya Awet

Kamis, 23 Juni 2022 - 20:37 WIB
loading...
A A A
3. Sesuaikan Kecepatan dengan Kecepatan Gigi

Apabila mobil berjalan dengan lambat sebaiknya menggunakan gigi rendah, dan sebaliknya. Jangan dibiasakan tidak menurunkan gigi bila berkendara dengan kecepatan rendah. Hal ini bisa memicu gesekan keras pada kampas kopling yang membuatnya cepat aus atau terkikis.

4. Lepaskan Kopling Secara Perlahan

Sebaiknya setelah memindahkan transmisi gigi jangan dihentak atau melepasnya dengan mendadak. Ketika hentakan ini sering dilakukan dapat menyebabkan kampas kopling cepat habis karena sering adanya gesekan pada komponen ini. Lepaskanlah kopling dengan perlahan ketika telah transmisi.

5. Jangan Mengemudi dengan Gaya Setengah Kopling

Ketika menerapkan gaya ini saat mengemudi, terutama pada tanjakan supaya mesin tidak mati, maka kopling mobil akan mobil akan menjadi seperti logam yang digerinda. Apabila logam yang digerinda terlalu lama, maka permukaannya akan mudah terkikis.

Bila ingin aman, sebaiknya netralkan kopling mobil dan tarik rem tangan. Saat mau jalan, pindahkan gigi ke gigi satu terlebih dulu, kemudian injak pedal gas dan lepaskan rem tangan.

Baca juga : Ciri Kampas Kopling Motor Habis yang Sering Dirasakan Bikers

6. Jangan Membeli Kampas Bekas

Harga kampas bekas atau pantek kampas kopling memang terbilang murah dibanding kampas baru. Bagi beberapa orang, membeli kampas kopling bekas adalah hal yang wajar. Namun daya tahan kampas kopling ini belum terjamin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)