6 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat, Kenali dan Waspadai!

Jum'at, 24 Juni 2022 - 11:45 WIB
loading...
6 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat, Kenali dan Waspadai!
Sedikitnya ada enam penyebab tarikan mobil terasa berat. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam penyebab tarikan mobil terasa berat. Dengan memahami ulasan ini, setidaknya pengendara bisa mengetahui masalah yang membuat tarikan mobilnya berat.

Sebagian pengendara pasti pernah mengalami keadaan ketika tarikan mobilnya menjadi berat. Kondisi ini tentu sangat mengganggu dan membuat kendaraan menjadi tidak nyaman.

Baca juga : Lakukan Hal Ini Jika Pedal Kopling Mobil Sudah Terasa Berat

Lantas, apa sajakah penyebab tarikan mobil terasa berat? Dilansir dari situs Suzuki, berikut ulasannya :

1. Sistem Transmisi Bermasalah

Secara umum, sistem transmisi mobil terdiri dari dua jenis, yaitu manual dan otomatis. Masalah pada sistem transmisi inilah yang kerap menjadi penyebab tarikan mobil berat.

Dalam prosesnya, sistem transmisi otomatis menggunakan roda gigi berbentuk plat lempengan di sistem hidrolik. Pada beberapa kasus, pergantian gigi bisa terhambat ketika sistem transmisi ini saling berhimpitan atau menempel.

Kondisi tersebut bisa membuat tarikan mobil menjadi berat. Biasanya, masalah terhimpitnya sistem transmisi ini disebabkan oleh oli transmisi yang kurang. Sehingga bagian yang menempel tersebut tidak bisa bekerja secara optimal.

2. Komponen Catalytic Converter Tersumbat

Dalam fungsinya, Catalytic Converter berguna untuk mengubah gas buang dari bahan bakar menjadi emisi yang tidak berbahaya. Jadi, tugasnya adalah menyerap gas polutan dari hasil pembakaran mesin mobil.

Terkadang, komponen ini juga bisa menjadi penyebab tarikan mobil berat. Alasannya cukup sederhana. Polutan yang diserap nantinya akan berubah menjadi kerak. Dalam hal ini, jika kerak tersebut tidak dibersihkan bisa berakibat pada mesin yang tidak sampai top RPM.

Hasilnya, tarikan mobil akan terasa berat. Maka dari itu, alangkah baiknya jika pengendara membersihkan kerak tersebut secara rutin. Tentunya untuk menghindari kerusakan pada katalis mesin serta menjaga performa mesin agar tetap optimal.

3. Menipisnya Kampas Kopling

Penyebab tarikan mobil berat juga bisa diakibatkan oleh kampas kopling yang sudah menipis. Pada kondisi ini, pergerakan mesin menjadi berat karena cengkeraman antara flywheel dan kampas kopling tidak kuat alias longgar.

Nantinya, cengkeraman longgar tersebut akan membuat selip, sehingga mobil terasa berat saat digunakan. Biasanya, hal ini juga ditandai dengan getaran yang timbul pada bagian bawah mobil saat sedang dikendarai.

Pada keadaan ini, pengendara harus segera mengganti kampas koplingnya. Jika tetap dibiarkan, bisa berakibat dengan munculnya kerusakan pada komponen flywheel dan pressure plate.

Baca juga : Roda Mobil Terasa Tersendat, Ini Solusi Mengatasinya

4. Sirkulasi AC Bermasalah

Pada beberapa kejadian, tarikan mobil mulai terasa berat ketika pengemudi menghidupkan AC. Biasanya, hal ini terjadi karena sirkulasi udara yang tidak lancar karena terdapat masalah pada sistem pendingin mobil, tepatnya di dryer sistem AC atau Condenser.

Sebagai solusi, pengendara bisa membawa mobil ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan. Karena nantinya jika ditemukan sumbatan pada komponen tersebut bisa langsung ditangani dengan baik.

5. Turbo Vane Macet

Penyebab tarikan mobil berat yang berikutnya adalah macetnya komponen turbo vane. Biasanya, masalah terjadi pada mobil yang menggunakan mesin diesel. Dalam fungsinya, komponen ini berguna untuk memastikan berjalannya katup pengatur boosting udara pada turbo.

Umumnya, sumber masalah terjadi saat katup turbo vane tertutup. Akibatnya, arus udara yang masuk ke mesin menjadi tersumbat dan membuat mesin tidak bisa mencapai RPM tinggi.

6. Bearing Roda Bermasalah

Komponen ini merupakan bagian dari poros roda. Fungsinya sebagai bantalan roda dengan steering knuckle. Untuk memastikan masalahnya, pengendara bisa membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk diperiksa.

Apabila bearing roda kering, hanya perlu diberi pelumas saja. Namun, jika komponen ini rusak atau retak, maka harus diganti dengan yang baru.

Demikian ulasan mengenai penyebab tarikan mobil berat yang wajib diketahui pengendara. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)