Perbedaan Mobil Hybrid, Plug-in Hybrid dan Listrik, Kenali dan Pahami

Jum'at, 01 Juli 2022 - 17:30 WIB
loading...
Perbedaan Mobil Hybrid, Plug-in Hybrid dan Listrik, Kenali dan Pahami
Bagi para pecinta otomotif tentunya harus memahami perbedaan mobil hybrid, plug-in hybrid dan listrik. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi para pecinta otomotif tentunya harus memahami perbedaan mobil hybrid , plug-in hybrid dan listrik. Apalagi, ketiga jenis mobil tersebut menggunakan teknologi ramah lingkungan.

Teknologi ramah lingkungan pada mobil terbagi menjadi tiga jenis yaitu mobil hybrid, plug-in hybrid hingga mobil listrik. Baik efisiensi dan performa dari masing masing jenis mobil ini berbeda beda.

Baca juga : Memahami Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Hybrid

Para pengendara yang menggunakan atau berencana ingin membeli jenis mobil ini tentunya perlu mengetahui perbedaan antara ketiga jenis mobil ini.

Inilah perbedaan mobil hybrid, plug-in hybrid dan listrik seperti dilansir dari carro :

1. Mobil Hybrid

Teknologi hybrid menawarkan dua sumber tenaga di dalam satu mobil. Paduan dari motor listrik yang bertenaga baterai dan mesin konvensional (bensin atau diesel) ini digunakan dalam teknologinya.

Mobil hybrid mampu berjalan dengan hanya menggunakan motor listrik, mesin konvensional saja atau paduan keduanya. Cara kerja motor listrik dan mesin konvensional ini bisa dibuat secara bergantian atau secara simultan menggerakan mobil.

Mobil ini merupakan pilihan yang tepat bila ingin menghemat bahan bakar. Toyota Prius menjadi mobil hybrid pertama yang dibuat pada tahun 1997. Saat ini telah banyak mobil hybrid di pasaran Indonesia seperti Toyota Corolla Cross, Altis Hybrid, Camry Hybrid, dan Alphard Hybrid.

2. Teknologi Plug-in Hybrid

Kerja plug-in hybrid ini mirip dengan hybrid, perbedaan terletak pada kapasitas baterai yang lebih besar. Sehingga mobil berteknologi ini memiliki jangkauan yang lebih jauh.

Apabila baterai terisi penuh maka jarak yang bisa ditempuh mencapai 30 hingga 80 km tanpa harus mengaktifkan mesin konvensional. Karena memiliki baterai yang besar ini membuat teknologi plug-in mengisi ulang baterai secara manual. Caranya adalah dengan mencolokkan plug-in pada sumber listrik yang telah tersedia seperti charging station atau listrik rumah dengan menggunakan konverter khusus.

Mobil berteknologi ini diantaranya adalah Mitsubishi Outlander PHEV, Toyota Prius PHEV dan BMW i8.

Baca juga : Gawat, Mobil Listrik Bakal Bunuh Mobil-mobil Imut Jepang

3. Mobil Listrik

Mobil ini menggunakan energi listrik yang berasal dari baterai. Mobil ini juga bisa menggunakan konfigurasi dari dua motor listrik atau lebih yang akan berpengaruh pada jarak jangkauan dan performa.

Pengisian daya pada mobil ini bergantung pada kapasitas baterai. bila baterainya berkapasitas besar maka waktunya juga akan lama. Meskipun kini terdapat produk mobil yang menggunakan teknologi fast charging yang bisa memangkas waktu pengisian.

Pilihlah mobil listrik yang sesuai dengan kebutuhan karena perjalanan jauh dengan mobil ini memerlukan persiapan dan manajemen perencanaan yang matang. Audi e-tron, Tesla hingga Porsche Taycan adalah mobil listrik bermerek premium di pasaran, ada juga yang terjangkau seperti Mini Cooper SE atau Hyundai Kona Electric & Ionic.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)