7 Mobil Hebat yang Diberi Nama dari Tokoh Legendaris

Minggu, 04 September 2022 - 09:47 WIB
loading...
7 Mobil Hebat yang Diberi Nama dari Tokoh Legendaris
Beberapa pembuat mobil menggunakan nama yang menggugah dan diteliti dengan baik. Selama beberapa dekade, ada mobil yang dinamai dengan nama tokoh legendaris. Foto/Carbuzz
A A A
WASHINGTON - Ada beberapa cara dasar yang digunakan pembuat kendaraan untuk menamai produk mobil hebat mereka. Paling mudah adalah menyesuaikan dengan rumus alfanumerik, dan yang paling unik adalah menyematkan nama dari tokoh legendaris.

Beberapa pembuat mobil menggunakan nama yang menggugah dan diteliti dengan baik, seperti Lincoln Nautilus atau Navigator. Selama beberapa dekade, ada mobil yang dinamai dengan nama tokoh legendaris, berikut 7 di antaranya dikutip SINDOnews dari laman carbuzz, Minggu (4/9/2022).

1. Lotus Elise
7 Mobil Hebat yang Diberi Nama dari Tokoh Legendaris


Pada tahun 1995, Lotus merupakan salah satu mobil sport paling gesit dan populer. Ketika Lotus menarik selimut dari mobil, duduk di dalam adalah Elisa Artioli kecil, cucu dari ketua Lotus saat itu, Romano Artioli. Setelah dewasa, Elisa adalah salah satu dari sedikit orang di dunia yang mengendarai mobil yang dinamai sesuai Namanya.

Dia telah memiliki model Lotus perak sejak berusia empat tahun dan suka mengendarainya sekarang. Elisa juga diberi Lotus Elise nomor 35.124 – model terakhir yang diproduksi pada tahun 2022. Elisa juga memiliki web yang menyenangkan dan menghibur menggunakan nama I Am Lotus Elise.

Baca juga; Lotus Bongkar Teknologi Hypercar Bertenaga Listrik Evija

2. Ferrari Enzo
7 Mobil Hebat yang Diberi Nama dari Tokoh Legendaris


Pada tahun 2002, Ferrari mulai membangun mobil berteknologi paling maju dan menamakannya sesuai nama pendirinya. Enzo Ferrari memulai karier otomotifnya sebagai test driver, kemudian menjadi pembalap mobil dan memenangkan balapan Grand Prix untuk Alfa Romeo.

Dia membentuk perusahaan mobil balap, Scuderia Ferrari, sebagai divisi balap Alfa Romeo, kemudian Ferrari seperti yang kita kenal. Enzo Ferrari meninggal pada tahun 1988, dalam usia 90 tahun, jadi dia belum sempat melihat mobil turunan F1 yang gila dengan mesin V12 dan aerodinamisnya yang aktif.

Baca juga; Ferrari Milik Anak Saddam Hussein Ditemukan

3. McLaren Senna
7 Mobil Hebat yang Diberi Nama dari Tokoh Legendaris


Ayrton Senna adalah salah satu pembalap hebat sepanjang masa, dan dalam sepuluh tahun kariernya, memenangkan 41 balapan Grand Prix dan mengklaim tiga gelar kejuaraan. Kariernya terhenti dalam kecelakaan selama Grand Prix San Marino 1994. Selama karier Formula 1-nya, dia mengendarai empat tim, salah satunya adalah McLaren, dan merupakan langkah berani untuk menamai mobil dengan nama legenda seperti Senna.

Pabrikan Inggris membangun mobil dengan penggerak mesin V8 4.0 liter yang menghasilkan 789 tenaga kuda dan torsi 590 lb-ft yang dipadukan dengan sasis setajam silet, merupakan penghargaan yang pas untuk pembalap hebat itu. Senna terakhir yang dihasilkan adalah penghargaan atas kemenangan Senna di Grand Prix Meksiko pada tahun 1989.

Baca juga; McLaren Akhirnya Rambah Formula E Mulai Musim 2022

4. Mini John Cooper
7 Mobil Hebat yang Diberi Nama dari Tokoh Legendaris


Mini berlencana John Cooper Works (JCW) adalah model dengan kinerja tinggi dari jajaran. Mini ini diberi nama setelah putra seorang mekanik berhasil mengubah kinerja mobil ini ke tingkat tertinggi balap.

Mobil Formula 1 dan Indy memiliki suspensi yang dapat disesuaikan dan mesinnya di belakang karena mobil F1 milik John Cooper yang melakukannya lebih dulu. John Cooper adalah seorang insinyur dan legenda balap, namanya tersemat untuk Mini Cooper asli.

Ketika BMW membeli Mini, dan sebelum kematian Cooper, BMW melisensikan namanya untuk varian performa tinggi. JCW Works Hardtop saat ini memiliki mesin 2.0 liter yang menghasilkan 228 tenaga kuda dengan torsi 236 lb-ft dan menggunakan teknologi seperti suspensi adaptif untuk membuatnya menjadi mobil kecil yang gesit dan cepat.

Baca juga; MINI Hadirkan Mobil Legendaris Monte Carlo Rally Berbasis Cooper S 5

5. Bugatti Veyron, Chiron, dan Divo
7 Mobil Hebat yang Diberi Nama dari Tokoh Legendaris


Bugatti memiliki sejarah balap yang luar biasa, dan mobil-mobil modernnya dinamai menurut nama para pembalap legendarisnya. Pierre Veyron adalah seorang pembalap mobil Prancis Bugatti pada tahun 1932 sebagai test driver dan pengembangan insinyur. Dia menjadi pengemudi yang bekerja, terutama memenangkan 24 Jam Le Mans di Bugatti Type 57S Tank dengan Jean-Pierre Wimille pada tahun 1939.

Selanjutnya Veyron bertenaga W16 yang luar biasa adalah Chiron. Bugatti menamakannya setelah Louis Chiron, setelah mencapai jumlah podium terbanyak di mobil balap Bugatti. Bugatti Divo, pada dasarnya, adalah versi Chiron yang dinamai Albert Divo, pembalap untuk Bugatti pada 1920-an dan meraih dua kemenangan di road race Targa Florio.

Baca juga; Rayakan Scudetto, Ronaldo Beli Bugatti Centodieci Edisi Terbatas

6. Alfa Romeo Giulia
7 Mobil Hebat yang Diberi Nama dari Tokoh Legendaris


Asal usul nama Giulia Alfa Romeo tidak jelas, tetapi kemungkinan besar dinamai aktris Giulia Anna "Giulietta" Masina, istri sutradara film legendaris Federico Fellini. Namanya tidak terlalu akrab bagi orang Amerika, tetapi Charlie Chaplin pernah menggambarkannya sebagai "aktris yang paling menggerakkan hatinya" dan membintangi dua film yang memenangkan Oscar film berbahasa asing.

Sama seperti kita menyukai alasan lain yang dikemukakan oleh pengetahuan untuk nama Alfa Romeo Giulia, kemungkinan itu adalah asal yang sebenarnya. Cerita lain berlanjut bahwa tujuh eksekutif Alfa Romeo berpesta dengan pembalap Grand Prix Jean-Pierre Wimille di Paris tahun 1950 ketika seorang pangeran Rusia bercanda, "Kamu delapan Romeo, bahkan tanpa satu Giulietta?"

Baca juga; Alfa Romeo Siapkan Luncurkan Mobil Hybrid Crossover Tonale Tahun Depan

7. Koenigsegg Jesko
7 Mobil Hebat yang Diberi Nama dari Tokoh Legendaris


Ketika Christian von Koenigsegg baru berusia 22 tahun, dia memulai perusahaan supercar yang menyandang nama keluarganya. Ayahnya, Jesko, sangat membantu dalam membangun perusahaan, jadi Christian memutuskan untuk menghormatinya dengan menamai mobil dengan nama ayahnya untuk ulang tahunnya yang ke-80.

Untuk tetap mengejutkan, Christian meminta tim humasnya membuat siaran pers palsu saat ayahnya mendesaknya untuk memberikan rincian tentang mobil. Meskipun tidak boleh mengurangi kebanggaan Elisa Artioli karena namanya digunakan untuk Lotus Elise, Jesko von Koenigsegg memiliki pemenang Top Trumps yang dinamai menurut namanya.

Baca juga; Cara Unik Koenigsegg Jalani Uji Tabrak Mobil Super Rp27,7 Miliar

Koenigsegg Jesko adalah mahakarya Teknik, mesin V8 5.0 liternya dapat menghasilkan sekitar 1.600 tenaga kuda. Dengan harga USD2.800.000 dan mobil ini dapat mencapai kecepatan 278 mil per jam, sedangkan Jesko Absolute secara teoritis mampu mencapai 330 mil per jam.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1524 seconds (10.177#12.26)