Transmisi Mobil Tidak Cuma Manual dan Otomatis, Ini Jenis Lainnya

Rabu, 19 Oktober 2022 - 21:00 WIB
loading...
A A A
2. Transmisi Otomatis (AT)

AT, juga dikenal sebagai Automatic Transmission, yang artinya perpindahan gigi berdasarkan kerja dari satu set roda gigi planetary. Pemindahan gigi dilakukan secara otomatis sesuai dengan jumlah tekanan pedal akselerator dan perubahan kecepatan kendaraan.

Pengemudi dapat mengontrol kecepatan hanya dengan menekan pedal gas. Transmisi otomatis hidrolik adalah transmisi otomatis yang paling umum.

Model transmisi otomatis sangat cocok untuk Anda yang suka berkendara namun tidak ingin diganggu. Transmisi otomatis berguna bahkan dalam lalu lintas padat dan sering macet.

3. Transmisi Kopling Ganda (DCT)

DCT adalah singkatan dari Dual Clutch Transmission, yang mana mobil merek Volkswagen menyebutnya DSG. Namun pada dasarnya keduanya memiliki performa yang sama

DCT dapat dianggap sebagai versi perbaikan dari transmisi manual (kecuali Honda) dengan menghilangkan konverter torsi hidrolik. Oleh karena itu, model gearbox ini tidak cocok untuk kecepatan rendah.

Meskipun tidak meningkat secara signifikan, mobil dengan gearbox DCT atau DSG ini sangat cocok untuk mereka yang menyukai kecepatan tinggi dan tidak keberatan dengan pengaturan waktu perpindahan gigi.



4. Transmisi Mekanis Otomatis (AMT)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)