Baterai Mobil Listrik Nikel versus Lithium, Mana yang Lebih Unggul?

Jum'at, 02 Februari 2024 - 09:48 WIB
Teknologi mobil listrik semakin berkembang dengan kehadiran baterai NCA, NMC dan LFP. (Foto: AFP)
JAKARTA - Teknologi mobil listrik semakin berkembang dengan kehadiran baterai berbasis Nickel Cobalt Aluminum Oxide (NCA), Nikel Mangan Cobalt (NMC) dan Lithium Ferro-Phosphate (LFP). Mobil-mobil listrik dan hybrid yang beredar di Indonesia juga telah dibekali teknologi baterai di atas.

Tercatat mobil-mobil listrik China buatan Wuling dan BYD yang beredar di Indonesia telah menggunakan baterai LFP. Deretan mobil listrik Wuling yang menggunakan baterai LFP di antaranya Wuling Air Ev dan Binguo EV. Sementara BYD yang baru masuk pasar Indonesia mengeluarkan model Atto, Seal dan Dolphin.

Di kubu baterai Nikel Mangan Cobalt (NMC) ada nama besar Hyundai dan Toyota. Mobil-mobil listrik Hyundai seperti Ioniq 5 menggunakan baterai jenis ini. Hal yang sama juga dilakukan Toyota untuk Innova Zenix Hybrid. Adapun baterai Nickel Cobalt Aluminum Oxide (NCA) dipakai oleh Tesla untuk beberapa jenis mobilnya. Lantas lebih unggul mana antara baterai nikel dan lithium?

Keunggulan dan Kekurangan Baterai LFP



Baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP) memiliki segudang keunggulan sehingga diproduksi secara massal untuk dipakai di mobil-mobil listrik, antara lain:





1. Keamanan tinggi



Baterai LFP sangat stabil secara termal dan kimiawi, membuatnya lebih tahan terhadap panas dan tidak mudah terbakar.

2. Siklus hidup panjang

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More