Mengenal Bus High Decker, Solusi Inovatif Transportasi Umum Dunia

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:29 WIB

Peningkatan aerodinamika



Beberapa desain bus sayap tinggi berkontribusi terhadap peningkatan aerodinamika, yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.



Asal-usul dan perkembangan Bus High Deckers



Konsep bus high decker dimulai pada awal abad ke-20, terutama di Inggris. Kebutuhan untuk menampung penumpang dalam jumlah besar secara efisien menyebabkan berkembangnya kendaraan yang menjulang tinggi ini. Seiring berjalannya waktu, desain dan teknik telah berkembang secara signifikan untuk menggabungkan kemajuan dalam material, teknologi, dan fitur keselamatan. Konsep bus high decker ini muncul di Indonesia sekitar 2009.

Jenis-Jenis Bus High Decker di Indonesia



Super High Decker (SHD)

SHD melangkah lebih jauh dan memiliki dek penumpang yang lebih tinggi yang mencapai 3,7 meter. Hal ini bisa membuat interior lebih luas dan menawarkan fasilitas lebih mewah. Namun, karena ketinggiannya, rute tertentu mungkin mengharuskan penumpang melakukan perjalanan dengan izin terbatas.

High Deck Double Glazed (HDD)

HDD mempertahankan dek penumpang yang ditinggikan dari bus HD standar, tetapi dengan jendela kaca ganda. Fitur ini meningkatkan kenyamanan penumpang dengan memberikan isolasi yang lebih baik terhadap kebisingan dan perubahan suhu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More