Ini Bedanya Pelumas Komponen dan Pengikis Karat, Jangan Salah Kaprah

Sabtu, 08 Juli 2023 - 16:46 WIB
loading...
A A A
Diterangkannya lebih lanjut, perpaduan daya semprot yang dirancang khusus dan formula cairan yang spesifik membuat setiap proses untuk pelumasan bisa dilakukan tanpa membutuhkan banyak semprotan. “Cukup dilakukan 2-3 kali semprotan maka upaya untuk pelumasan serta perlindungan sudah bisa dilakukan secara efektif,” sebut pria yang juga menggawangi setiap tahap pengujian dan proses formulasi kandungan untuk setiap produk PT Autochem Industry ini.

Peran pelumas adalah melapisi. Dengan begitu, Master Super Lubricant ML-40 juga mampu melindungi kelistrikan kendaraan dari korsleting karena bersifat isolator alias penghantar listrik yang buruk.



Ini Bedanya Pelumas Komponen dan Pengikis Karat, Jangan Salah Kaprah


Tak heran jika ML-40 dapat digunakan untuk melindungi korsleting pada soket-soket kelistrikan saat terkena percikan air. Ditambah lagi, menjaga elastisitas karet pelindung sil yang berisiko getas.

Sementara itu, kebutuhan untuk menghilangkan karat bisa dilakukan dengan memanfaatkan produk Master Super Penetrant MP-80. Jika ada engsel, baut, atau mur yang sulit digerakkan akibat terlalu lama terpasang maupun terkenan karat butuh cairan yang lebih ‘keras’ formulanya.

“Salah satu kandungan dalam produk ini mengandung graphite, semacam pasir ultra halus yang akan membuat dua permukaan logam yang menempel menjadi lebih licin sehingga bisa digerakkan lagi atau dibuka,” terang Dhany.

Didorong tekanan dari gas yang sudah dimasukan ke dalam tabung akan membuat cairan pengikis ini bisa bekerja secara maksimal. Perpaduan antara tekanan yang kuat serta kandungan cairan berformula khusus tersebut akan mampu masuk ke celah antar komponen yang sangat sempit.

“Sekali lagi perlu dipahami bahwa kebutuhan untuk melumasi itu berbeda untuk kebutuhan mengikis, begitu juga dengan formulasi kandungan cairannya, bahkan tahapan dalam pemakaiannya juga bisa berbeda. Misalnya, untuk membuka mur dan baut yang sangat sulit, setelah disemprotkan ke satu titik di antara keduanya, sebaiknya dibiarkan sejenak dulu agar cairan pengikis punya kesempatan untuk meresap di antara sela permukaan besi sebelum kemudian akan lebih mudah dibuka,” pungkas Dhany.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)