Pakai Kecerdasan Buatan, Jr. NBA Global Championship 2020 Diadakan Virtual

Selasa, 25 Agustus 2020 - 21:30 WIB
loading...
A A A
“Awalnya saya mengikuti pertandingan 3x3 atau selection camp yang diadakan di Bandung. Dari sana, saya terpilih sebagai satu-satunya pemain putra yang lolos ke jenjang selanjutnya,” cerita Claudius.

“Selanjutnya, saya dipilih untuk mengikuti Jr. NBA Global Championship secara virtual. Kami bertanding melawan tim China, Meksiko, Amerika Latin, dan Atlantik Tengah (Mid-Atlantic). Di semua pertandingan itu, kami menang,” tambahnya.

Selain unjuk kemampuan, Claudius dan peserta lainnya memperoleh berbagai keterampilan hidup (life skill), kesempatan mengikuti kegiatan komunitas (community service), serta pengalaman bertukar budaya (cross-cultural experience). Hal ini dikarenakan Jr. NBA bekerja sama dengan VirBELA dan Event Farm untuk mendukung kegiatan pertukaran budaya dengan menciptakan kampus virtual.

Sehingga para peserta dapat menggunakan avatar untuk berinteraksi dengan sesama peserta dari berbagai belahan dunia, tanpa terbatas di mana mereka tinggal.

Claudius pun mengaku mengalami berbagai tantangan ketika mempersiapkan diri untuk mengikuti Jr. NBA Global Championship. Seperti kesulitan berlatih secara langsung di lapangan maupun kendala internet saat berlatih secara virtual.

Meskipun begitu, remaja yang sebentar lagi menginjak usia 15 tahun ini mengaku tidak pernah bosan dan malas dalam berlatih. Mengenal olahraga basket sejak berumur sembilan tahun, Claudius tekun mengikuti berbagai pelatihan privat, klub basket, serta organisasi di dalam dan luar sekolah setiap harinya. (Baca juga: Pemerintah Dituntut Buat Aturan Penggunaan Sinar UV-C untuk Bunuh Virus )

Dirinya selalu menyempatkan waktu untuk mengasah kemampuan serta teknik-teknik bermain basketnya, serta menjaga stamina agar siap saat bertanding. Dua juga membuktikan bahwa banyaknya tugas dan padatnya waktu latihan, tidak membuat dirinya meninggalkan kewajiban utamanya sebagai pelajar.

“Saya biasanya berlatih dua sampai tiga jam sehari dengan pelatih dan teman-teman. Untuk itu, saya selalu mengerjakan tugas/pekerjaan rumah sepulang sekolah, tidak main dulu,” kata Claudius yang sempat berpartisipasi juga dalam Jr. NBA Indonesia 2019.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)