Deretan Mobil yang Mengiringi Peristiwa Bersejarah Dunia, Salah Satunya Penyebab PD I

Selasa, 12 Januari 2021 - 15:23 WIB
loading...
A A A
Putri Kerajaan Monaco, Grace Kelly, mengalami kecelakaan saat mengendarai Porsche Rover P6 3500
miliknya pada 13 September 1982. Ia beserta anak perempuan dan satu penumpang lainnya terjun ke
dalam jurang karena kehilangan kendali akibat penyakit stroke yang tiba-tiba menyerangnya.

Meski anak perempuan dan penumpang lainnya selamat namun Grace meninggal keesokan harinya karena mengalami kerusakan beberapa organ dalam. Bagi mobil Porsche-nya, dasar laut Mediterania adalah tempat peristirahatan terakhirnya setelah dihancurkan dan diremukkan menjadi sebuah balok besi. (Baca juga: Ditemukan di Paru-paru, Sel Tubuh Ini Meningkatkan Pertahanan Terhadap Virus)

6. Graf & Stift Double Phaeton 1911 (Mobil pemimpin Austria Franz Ferdinand saat dirinya
ditembak)

Deretan Mobil yang Mengiringi Peristiwa Bersejarah Dunia, Salah Satunya Penyebab PD I


Sejarah kelam Perang Dunia (PD I) disulut oleh kematian pemimpin Austria, Franz Ferdinand saat dirinya ditembak ketika tengah berada di dalam mobilnya, Graf & Stift Double Phaeton 1911, di Kota Sarajevo (sekarang ibu kota Bosnia). Perang antara Serbia dan Austria-Hungaria pun tak dapat dihindari.

Diikuti oleh negara seperi Jerman, Russia, Inggris, dan Prancis sehingga menyebabkan meletusnya PD I yang menewaskan lebih dari 16 juta jiwa. Saat ini, mobil Franz Ferdinand saat dirinya ditembak beserta seluruh senjata pembunuhan tersimpan rapi di Museum of Military History di Austria.

7. General Motors TDH-3610 City Transit Bus 2857 tahun 1948 (Bus yang dinaiki tokoh pelopor anti-
rasisme AS Rosa Park)

Deretan Mobil yang Mengiringi Peristiwa Bersejarah Dunia, Salah Satunya Penyebab PD I


Masalah sosial juga dapat menjadikan sebuah kendaraan menjadi bersejarah. General Motors TDH-3610 City Transit Bus tahun 1948 adalah bus di mana masalah kecil yang dialami Rosa Park, seorang kulit hitam penentang rasisme, saat menolak memberikan tempat duduk kepada seorang kulit putih.

Rasisme berkepanjangan pun merebak menjadi salah satu sejarah hitam di AS. Bus yang ditumpangi Rosa dibeli oleh seorang lelaki setelah berhenti beroperasi pada 1970. Setelah sempat dibuktikkan keabsahan bahwa Rosa memang naik bus tersebut dan direstorasi, bus tersebut sekarang dapat dilihat langsung di Henry Ford Museum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)