Honda N7X Concept Masuk Kategori LSUV, Apakah Honda BR-V Akan Diskontinyu?

Selasa, 04 Mei 2021 - 10:15 WIB
loading...
Honda N7X Concept Masuk Kategori LSUV, Apakah Honda BR-V Akan Diskontinyu?
Banyak yang menyebut Honda N7X Concept akan menggantikan posisi Honda BR-V di kelas LSUV. Foto: dok Honda
JAKARTA - Honda N7X Concept, mobil konsep terbaru PT Honda Prospect Motor (HPM), akan mengincar pasar low SUV (LSUV) yang peminatnya semakin tumbuh dan bahkan kedepannya lebih menjanjikan dibanding Low MPV.

BACA JUGA: Ternyata Begini Rasanya Mengendarai Honda City Hatchback RS

Banyak yang menyebut Honda N7X Concept akan menggantikan posisi Honda BR-V di kelas LSUV. Ini tentu wajar.

Alasan pertama, konsep mobil berjuluk New 7 Seater eXcitement (N7X) sama dengan Honda BR-V. Sama-sama mengusung 7-penumpang. Sama-sama menggabungkan kelegaan MPV dan gaya SUV.

Honda N7X Concept Masuk Kategori LSUV, Apakah Honda BR-V Akan Diskontinyu?

Yang berbeda, dimensi Honda N7X Concept terlihat lebih lebar dan lebih panjang dibanding Honda BR-V.

Alasan kedua, memang sudah saatnya Honda BR-V mendapatkan penyegaran. Mobil tersebut dirilis pertama kali pada 2015 atau 6 tahun lalu.



Alasan ketiga, di saat pasar LSUV terus tumbuh, performa Honda BR-V bisa dibilang kurang mampu bersaing dengan kompetitornya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Maret 2021, total pasar LSUV mencapai 13.422 unit dengan penguasaan pasar 15,8 persen.

Pemimpin pasar LSUV adalah Toyota Rush dengan penjualan 6.930 unit, disusul Mitsubishi Xpander Cross di angka 2.492 unit, Daihatsu Terios di 1.947 unit, Suzuki XL7 1.596 unit, Honda BR-V di 367 unit, dan DFSK Glory 560 di angka 90 unit.

BACA JUGA: Mengenal Performa Snapdragon 870, Chipset Gahar POCO F3

Apakah Honda N7X Concept Akan Menggantikan Honda BR-V?
Honda N7X Concept Masuk Kategori LSUV, Apakah Honda BR-V Akan Diskontinyu?

Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM Yusak Billy enggan menjawab ketika ditanya apakah kehadiran Honda N7X Concept nantinya membuat Honda BR-V tidak lagi diproduksi alias diskontinyu.

Billy hanya menyebut bahwa Honda N7X Concept tidak mengacu pada model tertentu. Sehingga tidak bisa disebut menggantikan model yang sudah ada seperti Honda BR-V. ”Karena ini adalah model yang benar-benar baru,” ungkapnya.



Namun faktanya jikaHonda N7X Conceptberadadi kelas LSUV, otomatis posisi Honda BR-V harus digeser. Tentu saja, PT HPM tidak mungkinmenjawabbahwa Honda BR-V akan dihentikanproduksinya saat ini karena penjualan BR-Vsedang berlangsung.

AdapunHonda N7X Concept masih berbentuk konsep. Masih cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk masuk ke produksi masal.Jika melihat strategi Honda di Honda Mobilio hingga Brio RS, paling cepat konsumen bisa mendapatkan unitHonda N7X Concept pada awal 2022 setelah nanti dipamerkan di GIIAS pada Agustus 2021.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE