Terjebak di Gunung 47 Tahun, Suzuki Jimny Rongsok Dibeli Rp2,9 Juta

Kamis, 28 Oktober 2021 - 05:00 WIB
loading...
Terjebak di Gunung 47 Tahun, Suzuki Jimny Rongsok Dibeli Rp2,9 Juta
Selama 47 tahun Suzuki Jimny LJ20 dibiarkan terbengkalai di Gunung Sierra Nevada, Amerika Serikat. Foto/The Drive.
A A A
AMERIKA SERIKAT - Sebuah mobil Suzuki Jimny LJ20 produksi tahun 1973 terjebak selama 47 tahun di gunung Sierra Nevada, Amerika Serikat dibeli USD210 atau mencapai Rp2,9 juta. Cara membawa pulang mobil itu keluar dari gunung yang jadi perjuangan.

Dikutip The Drive, Suzuki Jimny LJ20 itu terjebak di gunung bukan tanpa sebab. Pemilik asli mobil itu, Ed, mengatakan semuanya terjadi 47 tahun lalu ketika dia hendak bekerja di sebuah lokasi tambang yang ada di gunung Sierra Nevada.

Saat itu dia berangkat ke lokasi penambangan mengendarai Suzuki Jimny LJ20 miliknya yang dibeli cukup murah yakni USD200 atau setara Rp2,8 juta. Hanya saja dia terpaksa berpisah dengan mobil itu karena adanya bencana longsor di gunung Sierra Nevada. Alhasil untuk keluar dari gunung dia harus berpisah dengan mobil kesayangannya itu.

Selama 47 tahun Ed membiarkan mobil itu di gunung. Pasalnya untuk mengeluarkan mobil butuh perjuangan keras karena jalannya sudah berubah total. Jalan yang bisa dilalui mobil justru jadi sangat sulit.



Terjebak di Gunung 47 Tahun, Suzuki Jimny Rongsok Dibeli Rp2,9 Juta


Namun semuanya berubah ketika pemilik kanal YouTube Matt's Offroad Recovery mendengar cerita sedih Ed dengan mobilnya kesayangannya itu. Matt kemudian bertemu dengan Ed mengutarakan niatnya untuk mengeluarkan mobil itu dari gunung.

Mereka kemudian berjalan kaki menuju tempat mobil itu ditinggalkan. Setelah obserasi, Matt melihat peluang untuk mengeluarkan mobil itu masih terbuka meski sangat sulit. Dari situlah Matt kemudian membawa mobil andalannya Jeep Cherokee bernama Banana. Mobil itu digunakan untuk menarik Suzuki Jimny LJ20 milik Ed keluar dari gunung.

Upaya penyelamatan mobil Suzuki itu kemudian direkam melalui kanal YouTube Matt's Offroad Recovery. Sesuai bayangan Matt butuh banyak hal gila untuk membawa mobil itu keluar dari gunung.





Apalagi kondisi mobil memang sudah tidak berfungsi dengan baik karena telah jadi rongsokan. Palang kemudi tidak bisa digerakkan dan ke empat ban sudah dalam kondisi rusak parah. Parahnya lagi mereka harus melewati trek yang supermenantang. Mula dari jalur yang sangat sempit hingga bukit berbatu berukuran besar.

Mereka bahkan harus membawa mobil itu menyusuri sungai karena jadi jalan yang paling masuk akal. Hebatnya dengan perjuangan berat itu mobil Suzuki Jimny LJ20 justru berhasil diselamatkan lagi keluar dari gunung.

Menariknya Matt dan kedua rekannya justru tertarik untuk membeli mobil itu dan memperbaikinya lagi. Mereka bahkan membelinya lebih mahal Rp100.000 dibanding saat Ed menerimanya pertama kali. "Saat itu saya membelinya cuma USD200 karena mobil ini bekas tabrakan," kata Ed.

Ed mengaku sangat senang karena mobil itu bisa keluar. Meski dia harus berpisah dia yakin Matt dan kedua rekannya akan membuat mobil itu jadi lebih bagus.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)