Tips Charger HP di Motor Biar Aki Tidak Cepat Tekor

Minggu, 02 Januari 2022 - 11:01 WIB
loading...
Tips Charger HP di Motor Biar Aki Tidak Cepat Tekor
Charge HP di motor kini menjadi fitur tambahan pada skuter matik keluaran terbaru. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Charge HP di motor kini menjadi fitur tambahan pada skuter matik keluaran terbaru produsen sepeda motor. Namun Anda juga perlu tahu bagaimana penggunaan charger HP di motor ini agar aki tidak cepat tekor.

Keberadaan charger HP di sepeda motor tentu saja akan mempengaruhi ketersediaan strum pada aki motor sehingga perlu diperhatikan pula penggunaannya. Karena jika charger HP ini dipakai sembarangan akan membuat aki cepat tekor.

Anda perlu memperhatikan konsumsi aki ketika memanfaatkan fitur charger HP pada motor agar aki tidak tekor. Namun jika klakson motor sudah bersuara serak, sulit distarter, lampu terlihat redup, ini merupakan tanda-tanda kalau aki motor Anda sudah tekor alias soak.



Agar aki tidak cepat tekor, berikut tips cara charge HP motor yang dikutip dari situs resmi Suzuki:

1. Charger HP Ketika Motor Dihidupkan

Jangan sekali-ali charger HP di motor ketika mesin tidak dalam keadaan hidup. Karena ketika mesin mati otomatis charger HP akan menguras daya dari aki dan bisa membuat aki tekor.

Ada baiknya charger HP dilakukan ketika motor dihidupkan atau sedang berjalan. Ini karena dinamo yang ada pada motor bisa memberikan daya ke aki motor sehingga ketersediaan strum tetap terjaga.

2. Matikan HP saat Charging di Motor

Sebaiknya matikan ponsel ketika sedang melakukan charging untuk memaksimalkan pengisian daya. Karea konsumsi daya ketika HP diaktifkan bisa saja lebih besar dari daya yang dicharging.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)