Simak, Ini Jarak Ideal untuk Ganti Oli Motor Matik

Kamis, 03 Februari 2022 - 17:28 WIB
loading...
A A A


Walaupun jarang dipakai, oli yang berada di dalam motor jika tidak segera diganti bisa merusak komponen dari kendaraan. Jadi agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima dan siap dipakai kapan saja dibutuhkan, Anda harus rutin menggantinya dengan oli baru.

3. Setiap 2 Minggu Sekali

Jika sepeda motor matik digunakan buat usaha, biasanya jarak tempuh juga makin tinggi sehingga penggantian oli juga lebih cepat. Misalnya rata-rata menempuh jarak 200 kilometer sehari, berarti dalam 10 hari sekali oli harus diganti.

Agar kondisi motor Anda tetap dalam kondisi yang prima, pastikan untuk memilih jenis oli berkualitas. Jika asal memilih ketika hendak ganti oli motor, bisa saja kendaraan Anda tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Selain dari jarak tempuh, Anda juga bisa mengetahui kapan waktunya ganti oli motor matik dengan merasakan performa mesin. Misalnya tarikan motor terasa berat, itu tandanya oli motor harus diganti.



Penyebab tarikan terasa berat karena oli mesin sudah cepat panas. Ini bisa karena sering melalui jalan macet atau memaksa motor berjalan dengan kecepatan tinggi.

Anda juga harus sering mengganti oli motor matik jika sering melewati jalan menanjak. Pasalnya, jalanan menanjak bisa membuat oli di kendaraan menjadi cepat panas karena dipaksa untuk di gas terus.

Demikian penjelasan kapan waktu yang tepat bagi Anda mengganti oli motor matik. Lakukan pergantian oli secara berkala agar performa motor matik kembali prima dan selalu menggunakan oli motor matik berkualitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2821 seconds (0.1#10.140)