Cara Cek Nomor Rangka Kendaraan secara Manual dan Online

Sabtu, 19 Februari 2022 - 19:11 WIB
loading...
A A A
Untuk memastikan keasliannya, lakukan pemeriksaan pada halaman cover BPKB. Dokumen BPKB palsu biasanya memiliki warna yang lebih buram dan kusam, sementara yang asli mempunyai warna yang lebih mengkilap.

- Cek Hologram

BPKB dilengkapi dengan hologram pada halaman pertama. Melalui hologram ini Anda bisa membedakan dokumen tersebut asli atau palsu. Umumnya dokumen BPKB asli jika diterawang, hologramnya akan berubah warna. Berbeda dengan hologram BPKB tiruan. Hologram akan tetap berwarna abu-abu saat diterawang.

- Lihat Lambang Korlantas

Pada halaman 14 BPKB asli Anda bisa menemukan lambang Korlantas jika meneranginya dengan sinar ultraviolet. Selain itu, logo tersebut juga dibuat timbul sehingga teksturnya terasa agak kasar dibanding dengan BPKB palsu yang memiliki tekstur rata.

2. Cek Nomor Rangka Kendaraan Secara Manual

Untuk mengecek rangka motor secara manual, Anda bisa mengecek beberapa bagian kendaraan untuk menemukan nomor tersebut. Pada umumnya, setiap kendaraan memiliki letak nomor rangka yang berbeda-beda.

Penting untuk mengetahui Nomor rangka kendaraan karena ini merupakan identitas kendaraan. Melalui nomor rangka ini, Anda bisa mengetahui informasi kendaraan secara detail.

Namun Anda perlu memperhatikan bagaimana kondisi nomor rangka tersebut apakah sudah sesuai dengan setiap dokumen yang dimiliki, jika Anda melihat ada tempelan atau nomor rangka yang tidak rapi, sebaiknya lakukan cek nomor rangka dengan cara lainnya atau mendatangi samsat terdekat untuk memastikannya.

3. Cara Cek Nomor Rangka Melalui Aplikasi Smartphone
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)