Ini Arti Kode SAE dan API pada Oli Mesin Kendaraan

Senin, 28 Februari 2022 - 19:38 WIB
loading...
A A A
2. Kode API pada Oli Mesin

API merupakan akronim dari American Petroleum Institute. Kode API pada oli mesin digunakan untuk menentukan kualitas oli. Biasanya, pada kemasan oli mesin akan ada kode API dengan 2 tambahan huruf di belakangnya yang menandakan jenis mesin kendaraan.

Kode API dengan diikuti huruf S menandakan jenis mesin kendaraan bensin, sedangkan kode API diikuti huruf C menandakan jenis mesin diesel pada kendaraan.

Pada huruf kedua setelah kode API menandakan kualitas yang terbaru dari oli mesin. Semakin baru oli mesin, maka semakin jauh juga huruf yang mengikuti kode API.



Dalam hal ini, mobil keluaran lama tidak disarankan untuk menggunakan oli mesin keluaran terbaru, karena mesin mobil keluaran lama tidak dirancang untuk mendapat tingkat kekentalan oli tertentu.

3. Kode JASO untuk Oli Motor

Selain kode SAE dan API, ada satu kode lagi yang kerap muncul, yaitu kode JASO. JASO merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standard Association, yaitu lembaga Jepang yang mengecek standar kualitas oli.

Kode JASO pada kemasan oli mesin hanya bisa digunakan untuk motor. Kode JASO MA digunakan pada motor bebek dan motor sport, sedangkan kode JASO MB digunakan pada motor motor matic.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2556 seconds (0.1#10.140)