Ban Belakang Motor Lebih Cepat Botak, Ternyata Ini Penyebabnya

Jum'at, 25 Maret 2022 - 16:05 WIB
loading...
A A A
Penyebab berikutnya ban belakang motor lebih cepat gundul karena fungsi dari ban belakang sebagai penggerak. Ini berbeda dengan fungsi ban depan yang berguna sebagai pengendali arah.



Dalam kondisi ini, ketika motor menyala, dan gas motor ditarik, mesin akan bekerja dan memutar rantai atau v-belt yang terhubung dengan ban belakang . Otomatis ban belakang akan berputar terlebih dahulu dari ban depan.

3. Faktor Panas dari Mesin

Penyebab selanjutnya ban belakang motor lebih cepat gundul dibanding ban depan adalah karena faktor panas dari mesin motor. Posisi ban belakang tentu lebih dekat dengan mesin dan knalpot pada motor yang memiliki suhu panas.

Suhu panas tersebut membuat ban mulai memuai karena bahannya yang berasal dari karet. Hal tersebut menjadikan kondisi ban belakang motor lebih cepat halus dan botak.



4. Intensitas Penggunaan Rem Belakang

Penyebab berikutnya ban belakang motor lebih cepat gundul dibanding ban depan adalah karena intensitas penggunaan rem belakang yang lebih sering. Sudah menjadi kebiasaan bahwa pengendara lebih suka menggunakan rem belakang.

Dalam hal ini, penggunaan rem belakang membuat ban belakang menahan gerak dari sebuah motor sendiri, dan apabila terlalu sering dilakukan akan berdampak pada kondisi ban belakang yang cepat terkikis dan gundul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3344 seconds (0.1#10.140)