Mengenal 6 Alat Pendingin Mesin Mobil dan Komponen Lainnya, Yuk Disimak!

Kamis, 31 Maret 2022 - 14:18 WIB
loading...
A A A
Alat pendingin mesin mobil yang berikutnya adalah water jacket. Water Jacket merupakan sebuah komponen rongga yang dibentuk pada blok mesin. Rongga ini berfungsi sebagai tempat keluar dan masuknya air.

Pada saat mesin menyala, panas yang ada akan diserap oleh air dan masuk ke radiator, sedangkan air dingin akan yang ada akan masuk ke water jacket agar proses pendinginan mulai bekerja lagi.

3. Thermostat

Alat pendingin mesin mobil yang selanjutnya adalah Thermostat. Fungsi utama dari komponen pendingin ini adalah mengatur sirkulasi air pada alat pendingin mesin. Thermostat sendiri memiliki dua jenis, yaitu Thermostat yang memiliki katup by pass dan Thermostat tanpa katup.



Komponen Thermostat ini akan bekerja pada saat mesin mobil berada dalam kondisi suhu yang terlalu tinggi dengan membuat air tidak bisa melakukan sirkulasi. Setelah suhu mesin mulai dingin, barulah air akan bekerja kembali seperti semula.

4. Radiator

Alat pendingin mesin yang berikutnya adalah radiator. Radiator memiliki bentuk pipa kecil seperti tempat water coolant. Pipa kecil tersebut nantinya akan diisi oleh cairan pendingin yang berfungsi untuk menyerap suhu panas yang dikeluarkan mesin mobil.

Selain pipa kecil tersebut, radiator juga memiliki kisi-kisi yang menempel dengan fungsi untuk mendinginkan air yang sudah menyerap suhu panas sehingga bisa dialirkan kembali ke pipa.

5. Kipas Radiator
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)