Yuk Ketahui 9 Penyebab Lampu Motor Sering Putus

loading...
A A A
JAKARTA - Penyebab lampu motor sering putus biasanya terjadi karena banyak faktor. Adakalanya lampu motor putus karena kondisi aki tetapi bisa saja karena faktor lain seputar kelistrikan motor.

Lampu adalah komponen utama pada sepeda motor baik siang maupun malam. Karena berdasarkan udang-undang lalu lintas, seluruh sepeda motor wajib menyalakan lampu utama agar keberadaannya diketahui oleh kendaraan lain.

Jika lampu motor mati tentu pengendara akan medapat sanksi tilang dari polisi. Tak hanya itu lampu yang mati juga membuat jarak pandang Anda terbatas ketika malam hari.



Agar lampu motor Anda awet pemakaiannya, berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebagai penyebab lampu sepeda motor putus. Dilansir dari Suzuki.co.id, berikut penyebabnya:

1. Lampu Motor Terkena Air

Penyebab lampu motor sering putus kerap terjadi pada saat musim hujan. Rumah lampu motor yang sudah mulai longgar. Pada motor lama bagian karet rumah lampu mulai kehilangan kelenturannya atau menjadi kaku dan mudah retak.

Longgarnya karet rumah lampu tersebut memudahkan air untuk masuk ke dalamnya. Selain itu, jika air masuk ke dalam reflektor sehingga menyebabkan lampu motor sering putus.

2. Korsleting

Penyebab lampu motor sering putus karena kabel yang dipasang mengalami korsleting, sehingga arus yang terlalu tinggi merusak lampu.

Bagian kabel lampu mungkin saja ada yang putus sehingga harus diperbaiki. Jika tidak berapapun harga lampu yang Anda beli, maka akan selalu putus bahkan berpotensi untuk meledak karena arus yang tidak terkontrol.

3. Dudukan Lampu Rusak

Dudukan lampu yang rusak akibat pemakaian atau karena Anda menggunakan produk yang berkualitas rendah juga salah satu penyebab lampu motor sering putus.



Dudukan lampu yang sudah rusak akan membuat sambungan kabel jadi tidak bisa mengalirkan arus listrik yang sesuai. Setiap terkena getaran lampu akan mudah mati. Jika Anda tidak mengganti dudukan lampu, maka masalah lampu sering mati ini tidak akan tuntas.

4. Saklar Berkarat

Masalah pada saklar seperti karat atau tersumbat kotoran karena jarang dibersihkan juga merupakan penyebab lampu motor sering putus. Saat terdapat kotoran pada saklar akan membuat aliran listrik tidak stabil dan lampu mudah putus.

5. Soket Lampu Rusak

Penyebab lampu motor sering putus selanjutnya bisa berasal dari soket. Pada saat Anda menggunakan soket berkualitas rendah, biasanya akan mempercepat lampu putus.

Karena itu gunakan soket lampu dari bengkel resmi sehingga Anda memperoleh produk dengan kualitas terbaik atau asli.

6. Spull Rusak

Komponen spull penerangan pada lampu motor berfungsi untuk meningkatkan arus listrik yang dihasilkan. Bentuknya berupa kumparan kawat jika salah satu kumparan rusak maka arus listrik yang dialirkan ke kiprok pasti rendah. Dengan demikian, lampu yang tidak mendapatkan daya standar akan mudah putus.

7. Pengisian Daya ke Aki yang Berlebihan

Overcharge bisa jadi penyebab lampu motor sering putus. Pengisian aki otomatis adalah ketika motor digas, arus yang masuk tidak lebih dari 14,55 atau 15,5 volt. Jika jumlahnya berlebih maka lampu motor akan mudah putus.



8. Kualitas Bohlam Lampu Buruk

Penyebab lampu motor sering putus berikutnya bisa terletak pada bohlam. Kualitas bohlam yang buruk dengan harga murah seringkali menjadi penyebab utama.

9. Kerusakan pada Kiprok

Kerusakan yang terjadi pada kiprok akan mengganggu arus daya yang menuju ke bohlam. Arus bisa saja tidak stabil sehingga pengisian tidak lancar dan lampu bohlam cepat putus.
(ysw)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)