Kenali 5 Penyebab Motor Tidak Bisa Digas Tinggi yang Sering Terjadi

Kamis, 02 Juni 2022 - 17:09 WIB
loading...
A A A
Tak hanya itu, dalam jangka panjang kondisi ini juga bisa lebih buruk apabila dibiarkan begitu saja. Sistem pengapian bisa bocor dan membuat pembakaran pada mesin tidak sempurna. Sehingga tarikan motor akan semakin tidak bertenaga.

3. Salah Memilih Bahan Bakar

Sebagian pengendara tidak memperhatikan bahan bakar yang digunakan pada motornya. Biasanya, mereka cenderung menganggap pemilihan bakar ini sebagai masalah yang tidak perlu dikhawatirkan.

Padahal, untuk kendaraan baru dan memiliki kompresi tinggi sangat disarankan menggunakan bahan bakar yang memiliki RON 92 seperti Pertamax. Memang harganya lebih, namun akan sepadan dengan performa yang didapatkan.

Dalam hal ini, salah memilih bahan bakar juga bisa menjadi penyebab motor tidak bisa digas tinggi. Kesalahan pemilihan bahan bakar ini menjadikan pembakaran pada mesin menjadi terganggu, sehingga performanya menjadi tidak maksimal.

4. Mesin Overheat

Kondisi mesin yang overheat biasanya terjadi karena kinerja sistem pendingin yang kurang optimal. Efeknya adalah membuat tarikan motor menjadi tidak bertenaga. Selain itu, kondisi juga bisa berpengaruh pada komponen lain.

Maka dari itu, akan lebih baik jika pengendara menghentikan motornya sejenak untuk mendinginkan mesin. Apabila tetap dipaksakan bisa merambah ke kerusakan lain dan membuat motor mogok.
Baca juga : Overheat Berbahaya, Begini Cara Mencegah Mesin Terlalu Panas

5. Adanya Masalah pada Injeksi atau Karburator

Keadaan Injeksi atau Karburator yang kotor bisa membuatnya tersumbat, sehingga penyaluran bahan bakar terganggu. Dampaknya adalah motor kehilangan tenaga atau ngempos.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)