Inilah 4 Penyebab Sekring Motor yang Sering Putus, Pengendara Wajib Tahu

Kamis, 09 Juni 2022 - 13:06 WIB
loading...
A A A
Umumnya, intensitas arus listrik yang terlalu besar ini diakibatkan ukuran voltase yang terlalu kecil. Maka dari itu, pengendara bisa menyiasatinya dengan menggunakan kabel voltase yang lebih besar, atau paling tidak disesuaikan dengan kapasitas sistem kelistrikan motor.
Baca juga : Sekring Motor, Bentuk dan Fungsi yang Perlu Anda Pahami

3. Putus Karena Gigitan Hewan

Sebagian orang mungkin akan menganggap hal ini aneh. Namun, pada faktanya kejadian semacam ini memang bisa terjadi. Hewan-hewan kecil seperti tikus biasanya mencari tempat tertutup untuk berlindung. Terkadang, mereka bisa saja masuk ke bagian dalam motor dan menggigit komponen tertentu. Termasuk sekring motor.

4. Listrik Mengalami Korsleting

Secara teknis, korsleting bisa memunculkan percikan api dan membuat komponen di sekitarnya terbakar. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat arus listrik yang masuk tidak stabil atau kacau.

Pada tingkat korsleting listrik, kemungkinan terburuknya adalah sekring motor bisa putus. Sehingga, pengendara wajib menggantinya segera. Untuk memastikannya, akan lebih baik jika pemilik kendaraan melakukan pemeriksaan rutin pada motornya. Tujuannya untuk mengetahui apabila terdapat komponen yang korslet bisa segera diatasi.

Demikian ulasan mengenai penyebab sekring motor yang sering putus. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5275 seconds (0.1#10.140)