Menguji AYC New Mitsubishi Xpander Cross yang Tidak Basa-basi

Rabu, 24 Agustus 2022 - 05:16 WIB
loading...
A A A
Sebut saja kekedapan suara, kenyamanan suspensi, hingga ground clearance yang tinggi yakni 220 milimeter. Nyatanya yang paling menarik memang adalah pengujian fitur AYC.

Pasalnya untuk menguji langsung fitur itu MMKSI menyediakan sebuah trek yang tergenang dengan air. Di genangan itu mereka mempersilahkan siapa saja yang membawa New Mitsubishi Xpander Cross bermanuver sekencang mungkin. Ya, sekencang-kencangnya kalau berani.

"Fitur AYC akan memastikan Anda tidak akan keluar dari jalur yang ditentukan," ujar Muhammad Arif Dwianto, Head of Training Section PT MMKSI.



Menguji AYC New Mitsubishi Xpander Cross yang Tidak Basa-basi


Awalnya memang sedikit ragu untuk membuktikan klaim tersebut. Hanya saja beberapa jurnalis yang telah mencoba lebih dulu ternyata berhasil melakukannya dengan baik. Tanpa ada gejala mobil limbung atau terlempar keluar jalur karena melibas genangan air dengan kencang.

Sensasi yang sama juga dirasakan SINDONEWScom ketika mencoba melewati rintangan tersebut. Bahkan ketika manuver dilakukan di rentang kecepatan 60 kilometer per jam hingga 70 kilometer per jam, mobil sama sekali tidak terasa gejala oversteer.

Menariknya indikator AYC yang ada di meter cluster memperlihatkan proses bagaimana mobil itu bekerja keras membantu pengemudi untuk tetap berada di jalur yang benar. Jadi sebenarnya apa yang dilakukan SINDONEWScom sebenarnya tidak istimewa-istimewa amat di rintangan itu. Sokongan teknologi AYC justru yang membuat hal itu jadi mungkin.

"Fitur AYC ini advanced sekali, ini adalah sistem keamanan tertinggi. Fitur ini akan membuat mobil bisa menjaga momentum, kecepatan dalam setiap kondisi," ujar Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia.

Lalu sebenarnya apa manfaatnya sih AYC dalam kondisi jalan sebenarnya? Bukan berarti AYC justru membuat pengemudi New Mitsubishi Xpander Cross gila-gilaan jadi bak seorang pembalap. Namun, jika berada dalam kondisi yang tidak terduga atau kondisi ekstrem saat mobil dalam kecepatan tinggi, Anda tidak perlu khawatir karena mobil ini bisa Anda kendalikan dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)