OLX Autos IMX 2022 Mengangkat Wajah Modifikasi Indonesia guna Setara Level Dunia

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 22:14 WIB
loading...
OLX Autos IMX 2022 Mengangkat Wajah Modifikasi Indonesia guna Setara Level Dunia
Indonesian Fast and Furious merupakan salah satu bagian dari OLX Autos IMX 2022 yang sangat menarik. Foto-foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani.
A A A
JAKARTA - Ajang pameran mobil modifikasi OLX Autos IMX 2022 merupakan salah satu upaya mengangkat wajah modifikasi Indonesia hingga setara level dunia. Pameran yang dilangsungkan di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) dari 1 Oktober-2 Oktober 2022 itu diikuti oleh puluhan pelaku industri modifikasi di Indonesia beserta industri pendukungnya.

Beragam kegiatan juga disiapkan agar perhelatan tahunan itu terasa meriah. Sebut saja parade mobil modifikasi terbaik di Indonesia dengan tema NMAA Top 50, Indonesian Fast and Furious garapan Gorilla Flava, hingga perang mobil modifikasi karya para selebritas Indonesia dengan tajuk perang bintang Black Stone Live Modz.

Dinamika itu terasa sangat istimewa karena untuk pertama kalinya pameran modifikasi paling prestisius di Indonesia itu, pasca pandemi Covid-19, kembali digelar offline. Namun ada satu di OLX Autos IMX 2022 yang melampaui keunikan tadi.

“Indonesia punya kekuatan craftsmanship. Modifikator Indonesia adalah tenaga ahli yang punya keahlian yang tidak otomatisasi. Ini adalah keterampilan tangan atau hand skill dan teknologi yang sangat baik," ujar Airlangga Hartarto, Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, kala membuka OLX Autos IMX 2022, Sabtu (1/10/2022) ini.

Lalu, benarkah sudah setara kualitasnya? Airlangga Hartarto mengatakan saat ini upaya untuk peningkatan kualitas modifikator Indonesia justru semakin serius seiring dengan adanya upaya program pelatihan berbasis kompetensi. Panduan yang diinisiasi oleh para penggiat modifikasi di Indonesia dan Kementerian Perindustrian itu akan jadi patokan bagaimana industri modifikasi di Indonesia berada dalam trek yang benar dan bermanfaat.



OLX Autos IMX 2022 Mengangkat Wajah Modifikasi Indonesia guna Setara Level Dunia


“Terima kasih Kementerian Perindustrian yang sudah membuat Pprogram Pelatihan Berbasis Kompetensi. Program tersebut adalah program yang baik dan secara teknis dapat dipertanggung jawabkan. Tentunya dengan adanya program tersebut juga dapat memudahkan pemberian perizinan dari kepolisian untuk mobil modifikasi agar dapat berjalan,” kata Menko Airlangga.

Diakui atau tidak kemampuan modifikator di Indonesia memang sangat tinggi. Hanya saja butuh kerja bareng dan keseriusan guna menghidupkan industri modifikasi jadi lebih besar lagi. Hal itu dibenarkan oleh Big Mike, penggiat modif dari Think Bigger Project, Amerika Serikat yang diundang oleh OLX Autos IMX 2022 sebagai pembicara.

Dia melihat para modifikator di Indonesia memiliki kemampuan yang sudah setara dengan modifikator lain dari negara-negara lain. Menurutnya talenta-talenta anak negeri di dunia modifikasi memiliki kekhasan sendiri.

"Setiap negara memiliki kekhasannya masing-masing dalam memodifikasi mobil dan saya melihat modifikator Indonesia sudah menemukannya," ujar Big Mike.

Dia mengatakan para modifikator Indonesia cukup beruntung memiliki pameran modifikasi seperti OLX Autos IMX 2022. Pasalnya acara itu jadi wadah buat mereka untuk terus berkreasi menghasilkan berbagai modifikasi terbaik.



OLX Autos IMX 2022 Mengangkat Wajah Modifikasi Indonesia guna Setara Level Dunia


"IMX sudah menjadi pameran modifikasi yang setara dengan yang ada di Asia. Buktinya Toshi dari Liberty Walk hadir di sini. Saat ini memang ukuran acaranya masih kecil tapi ini terus berkembang sejak pertama kali dihadirkan di 2018. Saya yakin Indonesia akan sampai ke sana," harapnya.

Musa Tjahjono, modifikator Indonesia yang kini bekerja di bengkel modifikasi Amerika Serikat, West Coast Custom mengatakan even-even modifikasi yang ada di Indonesia seperti OLX Autos IMX 2022 merupakan salah satu cara untuk menjaga kualitas produk modifikasi.

"Kualitas adalah salah satu modal yang harus dijaga. Tanpa adanya kualitas sulit bagi kita untuk bisa mencapai level dunia," ujar modifikator yang pernah mendandani mobil Rolls-Royce milik Justin Bieber itu.

Hal itu juga diamini oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Dia mengatakan saat ini banyak modifikator atau builder yang ada di Indonesia memiliki kemampuan yang tinggi.

Dia mencontohkan Ford Shelby Cobra 427 Roadster miliknya yang juga dipajang di OLX Autos IMX 2022 yang ternyata dibuat oleh modifikator Tangerang, Banten.



OLX Autos IMX 2022 Mengangkat Wajah Modifikasi Indonesia guna Setara Level Dunia


"Kalau di luar Amerika sana harga untuk membelinya bisa Rp4 miliar. Ini dibuat di Tangerang jadi cuma butuh ratusan juta rupiah," ujarnya.

Bamsoet, panggilan akrabnya, mengatakan selain mengangkat wajah modifikasi ke level dunia, modifikator Indonesia juga perlu memanfaatkan potensi di dalam negeri. Bonus demografi yang dimiliki di Indonesia justru jadi pasar potensial yang sangat tinggi.

Anak-anak muda yang ada saat ini menurut Bamsoet ke depannya tidak akan mau memiliki mobil yang apa adanya. Mereka butuh mobil yang tampil beda dan mewakili karakter atau pribadi mereka. Hal itu yang ditawarkan mobil-mobil modifikasi.

"Selain itu bisnis modifikasi juga akan membuka lapangan kerja dan mendorong perekonomian kita," jelasnya.

Potensi eknomi mobil modifikasi itu juga yang dirasakan langsung oleh OLX Autos belakangan ini. COO OLX Autos Hendri Tadjuni mengatakan saat ini pasar mobil bekas cukup meningkat. Hal itu terjadi karena adanya masa inden mobil-mobil baru yang sangat panjang. Alhasil banyak orang melirik mobil bekas bagi mereka yang butuh mobil dengan cepat.



OLX Autos IMX 2022 Mengangkat Wajah Modifikasi Indonesia guna Setara Level Dunia


Selain itu faktor peningkatan juga terjadi karena adanya anak-anak muda yang memanfaatkan mobil bekas untuk dijadikan mobil modif.

"Rata-rata mereka mencari mobil buat modif itu sebagai mobil kedua. Jadi mobil utama mereka tetap dipertahankan namun mereka cari mobil bekas untuk dimodif," jelas Hendri Tadjuni.

OLX Autos sendiri berupaya meningkatkan kreativitas anak-anak muda dalam memodifikasi mobil dengan jaminan khusus. Menurutnya harga mobil yang telah dimodifikasi tidak akan berantakan jika dijual kembali.

"Syaratnya modifikasi yang dilakukan itu benar dan sesuai dengan estetika," jelas Hendri Tadjuni.

Upaya kerja bareng dari ekosistem modifikasi ini yang setidaknya membuat kreativitas dan kualitas tetap terjaga. Jadi misi OLX Autos IMX 2022 mengangkat wajah modifikasi Indonesia guna setara level dunia bukanlah perkara sulit.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)