Lebih Tiga Dekade Berkiprah, FIF Tak Sekadar Membiayai Kendaraan

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 20:36 WIB
loading...
A A A
Multifinance memiliki peluang besar untuk bertumbuh karena rasio penyaluran kredit perbankan terhadap PDB baru 35%. “Sementara Singapura 100% rasio penyaluran kredit terhadap PDB,”sebutnya, kemarin. Dia menilai, banyak sektor usaha dan konsumsi belum tercover layanan perbankan tradisional. Hal ini membuka peluang bagi multifinance. “Terlebih, 80% UMKM membutuhkan pembiayaan untuk memulai usahanya pascapandemi,”kata Bhima.

Dengan adanya digitalisasi, lanjut dia, peluang bertumbuh multifinance cukup besar dibandingkan perbankan. Multifinance memiliki kelincahan, salah satunya bisa menggabungkan pendekatan oline dengan pendekatan secara tatap muka untuk melakukan analisis kredit. "Itu poin unggul dibandingkan fintech,”katanya.

Multifinance juga bisa menyasar UMKM, segmen mikro dan ultra mikro, diamana perbankan kesulitan mengakses. Bhima mengatakan, Multifinance sudah terlatih untuk melayani segmen masyarakat kelas menengah kebawah, salah satunya memalui pembiayaan motor. “Fintech akses mudah tapi bunganya tinggi, sedangkan perbankan cukup rumit prosesnya. Maka ditengah adalah keunggulan multifinance. Merkea bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,”tutupnya.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)