Ketika Toyota Agya Naik Kelas lewat Versi GR Sport

Rabu, 05 April 2023 - 00:06 WIB
loading...
A A A
Ketika Toyota Agya Naik Kelas lewat Versi GR Sport
Fitur ala GR Sport lain yang bikin Agya naik kelas ternyata cukup banyak. Pertama-tama, mesin baru 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi 113 Nm . Fungsi penggunaan mesin 3 silinder ini untuk menjaga All New Agya GR Sport tetap irit.

Namun, hebatnya engineer Toyota bisa merancang mesin yang tetap bertenaga dan setara dengan mesin 4 silinder di generasi sebelumnya.

Dan bukan hanya mesin, All New Agya GR Sport juga mendapatkan tuning di suspensi yang lebih rigid agar nyaman bermanuver. Ini dilakukan dengan pemakaian per dan sokbeker yang dikembangkan khusus demi mereduksi body roll.

Selain itu, setirnya juga dirancang lebih presisi. Sehingga, saat menikung cepat atau bermanuver tajam mobil jadi lebih “nurut”.

Ketika Toyota Agya Naik Kelas lewat Versi GR Sport

SINDONews memang belum duduk di bangku kemudi. Jadi belum merasakan langsung. Tapi, dampak dari suspensi yang lebih rigid ini memang penumpang di bangku belakang terasa keras.

Di jalanan sekitar Ubud yang menjumpai banyak lobang, jadi tidak nyaman. Maaf, pantat, terasa sakit. Ini terasa saat kami menempuh jarak sekitar 31,2 kilometer dari Ubud menuju The Aria Restaurant di Petitenget dengan estimasi waktu 2 jam. Rasanya mobil ini juga kurang nyaman jika dipakai jarak jauh (luar kota) beramai-ramai.

Hal lain yang ditawarkan Toyota terhadap penggemar GR Sport adalah paddleshift serta Power Mode. Kedua fitur ini—yang lagi-lagi baru akan dicoba besok oleh SINDONews—seharusnya membuat kenikmatan berakselerasi dan berkendara jauh lebih baik.



Kesimpulan pertama SINDONews menjadi penumpang di acara test drive All New Agya GR Sport di Pulau Bali masih 50:50. Di satu sisi, Toyota memang memberikan banyak pembaruan di Agya GR Sport. Sehingga menjadi model yang sangat kompetitif untuk melawan Honda Brio RS Urbanite.

Tapi, posisi harga Rp253 juta cukup berat. Selain Rp10 juta lebih mahal dibanding Brio RS Urbanite, di harga itu konsumen juga dihadapkan dengan banyak sekali pilihan lebih dari sekadar city car. Mulai small SUV seperti Daihatsu Rocky hingga compact SUV seperti Wuling Alvez.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)