Musim Hujan hingga Februari 2024, Pengguna Wajib Tahu Sistem Keamanan ESP di Mobil

Senin, 01 Januari 2024 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Di saat bersamaan pengemudi melakukan pengereman darurat, maka sistem Brake Assist akan langsung aktif memberikan bantuan tekanan pengereman lebih besar agar kendaraan berhenti lebih cepat.

Pada kondisi jalan licin akibat hujan atau media penghambat lainnya, sensor pada sistem Kontrol Traksi akan secara otomatis aktif membatasi putaran roda sehingga mencegah selip saat kendaraan mulai bergerak.



Sedangkan, Sistem Kontrol Stabilitas akan memberi pengendalian terpadu pada rem, kontrol traksi, dan kontrol mesin agar kestabilan kendaraan tetap terjaga sekalipun pada kondisi setir kemudi diputar secara mendadak.

Keberadaan ESP pada mobil modern diperlukan karena banyak manfaat yang bisa didapatkan berkaitan dengan keselamatan berkendara.

Misalnya, membantu respon pengemudi dan mencegah kehilangan kontrol mobil pada situasi darurat, mencegah understeer (kecenderungan mobil meluncur lurus saat berbelok di tikungan) dan oversteer (kondisi bagian belakang mobil kehilangan traksi dan keluar dari sisi tikungan), hingga mereduksi resiko aquaplaning (berkurangnya traksi roda diakibatkan lapisan air yang berada di atas permukaanjalan).
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)