Jangan Remehkan Manfaat Cuci Tangan dengan Hand Sanitizer

Jum'at, 06 November 2020 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Berikut kapan kita disarankan untuk mencuci tangan:
1. Sebelum Makan atau Membuat Makanan
Ketika kita ingin mengambil sebuah makanan yang akan kita makan, terlebih dahulu mencuci tangan. Apalagi kita tidak pernah tahu hal terakhir yang kita sentuh saat menggunakan tangan.

2. Keluar Kamar Mandi
Kita pasti sudah tahu, jika kamar mandi merupakan salah satu tempat yang paling rawan sebagai sarang kuman maupun bakteri. Tentunya, terdapat jutaan bakteri yang hidup di dalam kamar mandi kita, apalagi kamar mandi umum. Selain itu juga, bakter yang terdapat di kamar mandi sangat beragam yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

3. Menyentuh Benda Kotor
Kuman atau bakteri yang bisa menempel di tangan kita, biasanya disebabkan oleh tangan yang tidak pernah dibersihkan setiap saat saat menyentuk benda atau hal yang kotor. Meski benda yang kita lihat secara mata telanjang itu bersih dari luar, tapi kita tidak dapat mengetahui berapa banyak bakteri atau kuman yang bersarang.

4. Saat Batuk, Bersin dan Buang Lendir dari Hidung
Pastinya kita pernah mengalami sakit flu, pilek dan batuk, yang tanpa disadari saat terkena penyakit tersebut adalah tidak menutup mulut maupun hidung dengan menggunakan tangan atau bahan kain. Agar tidak menyebarkan virus dari penyakit tersebut, alangkah baiknya kita menutup dengan masker agar tidak menularkan kepada keluarga atau orang lain.

5. Sebelum dan Sesudah Interaksi dengan Orang Sakit
Penyebab hal utama ketika seseorang terkena penyakit yakni dikarenakan bakteri, kuman ataupun virus yang bersarang di tubuh. Oleh sebab itu, tubuh seseorang yang sedang sakit akan membuat bakteri mudah bekembang di dalamnya. Ini bisa membuat orang yang berada di sekitarnya bisa menular bakteri yang sama.

Sebaiknya, sebelum atau sesudah berinteraksi secara langsung dengan seseorang yang sedang sakit, kita harus mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Di mana kita bisa melakukannya sebelum menjenguk orang sakit, agar bakteri yang terbawa dari luat tidak berpindah ke orang sakit tersebut. Mengingat imunitasinya sedang lemah. (Baca juga: Gejala Gastrointestinal Terkait Covid-19 Sangat Bervariasi )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)