AC Mobil Tidak Dingin? Ternyata Ini 8 Penyebabnya...

Jum'at, 18 Juni 2021 - 21:05 WIB
loading...
A A A
Penyebab ketiga adalah kompresor yang rusak. Kompresor mobil berfungsi untuk mempompa freon untuk disalurkan keseluruh sistem AC. Jika di cek kondensor Anda terlihat bersih, tapi sistem pendinginan tetap tidak terasa maka sistem kompresor mengalami keausan bahkan kerusakan.

4. Kondensor kotor

Kondensor adalah bagian pada AC yang tugasnya membuang suhu panas yang dilepaskan kompresor. Maka komponen ini jangan sampai kotor. Kalau sampai bagian ini kotor, maka akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin. Rajin-rajin memberisihkan kondensor mobil agar tidak terjadi penyumbatan yang membuat AC mobil tidak dingin.

5. Sistem tekanan AC berlebihan

Hal ini disebabkan karena pengisian oli kompresor yang berlebihan akan membuat tekanan di dalam freon AC meningkat. Jika tekanan meningkat maka kompresor akan menjadi panas.

6. Evaportaor kotor dan tersumbat

Hal ini juga menjadi penyebab AC mobil tidak dingin yaitu Evaporator yang tersumbat debu dan kotoran. Biasanya terjadi pada setiap mobil evaporator sangat kotor bahkan kotoranya tebal berupa lendiran basah. Itu yang menyebabkan aliran udara dari blower menjadi terhambat. Hal yang terjadi akibatnya sirkulasi AC juga jadi terganggu.

Pastikan rutin melakukan pembersihan evaportor mobil agar terjaga keawetannya dan AC mobil sellau prima untuk mendinginkan kabin mobil.

7. Thermistor rusak

Thermistor adalah kependekan dari thermo dan resistor. Komponen ini memiliki tanggung jawab mengirimkan sinyal kepada kompresor untuk berhenti bekerja saat suhu kabin mobil sudah mencapai temperatur sesuai pengaturan pada AC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)