Penyebab Kipas Radiator Menyala Terus dan Efek yang Ditimbulkan

Senin, 06 September 2021 - 18:05 WIB
loading...
A A A
Penyebab lainnya dari masalah ini adalah kerusakan Refrigerant Pressure Sensor. Kerusakannya membuat kipas terus nyala ketika AC juga dinyalakan.

Dalam kondisi normal, saat AC tidak dinyalakan, putaran kipas menjadi normal mengikuti kondisi pendingin mesin. Namun jika terjadi kerusakan di Refrigerant Pressure Sensor, maka ECU bisa memerintahkan kipas radiator terus berputar sepanjang waktu.

3. Kerusakan fan control unit

Fan Control Unit adalah microcontroller untuk mengatur kecepatan putaran kipas radiator sesuai kebutuhan mesin. Walau tidak dapat dimungkiri bahwa pada saat ini, sudah tidak banyak mobil yang menggunakan teknologi Fan Control Unit.

Jika mobil ternyata masih memiliki teknologi ini, sebaiknya hati-hati. Kerusakan pada bagian ini sudah pasti menjadi penyebab kipas radiator terus menyala.

4. Kerusakan relay fan radiator

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah kerusakan relay fan radiator. Komponen ini merupakan saklar elektrik yang bekerja elektromagnetik sesuai arus input di bagian kumparan.

Kerusakan relay fan radiator sudah pasti membuat kipas radiator nyala terus. Sama seperti penyebab pertama, kerusakannya biasa terjadi karena korsleting di dalam relay fan radiator. Bisa karena faktor umur pemakaian yang sudah tua atau terjadi hal aneh di bagian rangkaiannya.

Efek Kipas Radiator Nyala Terus

Ada beberapa efek yang dapat terasa ketika kipas radiator menyala terus. Membiarkannya pun sudah pasti tidak baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2900 seconds (0.1#10.140)