Tips Merawat Sepeda Motor Saat Memasuki Musim Hujan

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 12:03 WIB
loading...
A A A
3. Bersihkan Area Pengereman

Tips selanjutnya yakni pastikan sistem pengereman dalam kendaraan motor Anda selalu dalam kondisi baik. Terlebih kampas rem yang terkena air jika mengering pasti karetnya akan keras.



Jika itu yang terjadi maka akan mengurangi daya cengram saat pengereman. Makanya setelah melewati jalan tergenang atau habis hujan, ada baiknya sering lakukan pengereman secara bergantian. Hal itu berguna untuk membuat kampas rem cepat kering.

4. Cek Kondisi Rantai

Tips berikutnya pastikan rantai motor dalam kondisi optimal. Seringlah membersihkan rantai motor Anda jika terkena hujan dengan menggunakan cairan khusus.

Cara tersebut berguna untuk mencegah timbulnya karat pada rantai. Jika sudah berkarat maka akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara karena timbul suara berisik akibat rantai motor kering.

5. Rajin mencuci motor

Ini merupakan tips yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu mencuci motor. Nyatanya motor yang terlihat bersih akan jauh lebih awet pemakaian komponennya ketimbang dengan motor dalam kondisi kotor.

Karena parts atau komponen yang kotor dan jarang dibersihkan akan mengurangi masa umur pakai. Tidak hanya itu saja, mencuci motor juga mencegah timbulnya karat dan juga keropos.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8881 seconds (0.1#10.140)