Ini Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak!

Jum'at, 24 Desember 2021 - 20:22 WIB
loading...
A A A
Komponen ini memang perlu rajin dibersihkan agar aliran bahan bakar lancar. Jika memang dirasa sudah waktunya diganti, ada baiknya ganti filter bensin agar motor tidaklagi brebet.

3. Bahan Bakar Tak Sesuai

Penyebab motor brebet yang paling sering terjadi adalah karena pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai. Biasanya motor keluaran baru menggunakan standar bahan bakar dengan oktan RON 92 sehingga pembakaran yang terjadi dalam mesin lebih sempurna.



Bensin yang kualitasnya rendah akan menimbulkan knocking pada mesin sehingga brebet. Perbedaan kualitas inilah yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

4. Filter Udara Kotor

Hampir sama dengan filter bahan bakar, filter udara juga harus rajin dibersihkan. Sebab debu dan kotoran yang menempel pada filter dapat membuat udara yang masuk berkurang dan membuat mesin brebet.

Selain harus rutin dibersihkan, filter udara juga punya masa pakai setiap beberapa ribu kilometer dan harus diganti. Motor yang digunakan pada area perkotaan akan lebih cepat mengganti filter udara karena kondisi jalan di kota yang berdebu.

5. Setelan Klep Renggang

Motor brebet juga bisa disebabkan oleh setelah klep yang mulai renggang. Setelan klep renggang biasanya karena masa pemakaian kendaraan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)