Cara Menyalip di Jalan Tol yang Benar dan Aman Selihai Pembalap Formula 1 Saat Mudik

Rabu, 27 April 2022 - 16:15 WIB
loading...
A A A
Pengendara bisa melihatnya melalui spion untuk memastikan kondisi aman untuk menyalip. Jadi, jangan sampai asal menyalip tanpa memperhatikan situasi sekitar, karena bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan.

Cara Menyalip di Jalan Tol yang Benar dan Aman Selihai Pembalap Formula 1 Saat Mudik


3. Menyalip dari Arah Kanan

Pengendara yang hendak menyalip kendaraan di depannya wajib dilakukan dari arah kanan. Alasannya adalah karena area jalan bagian belakang dan depan lebih mudah dilihat oleh jika dibandingkan menyalip dari sebelah kiri.

Selain itu, lajur kiri juga biasa digunakan bagi kendaraan yang berjalan lambat, sehingga tidak memungkinkan untuk menyalipnya dari sebelah kiri juga.

4. Bunyikan Klakson

Selain lampu sein, klakson juga bisa digunakan sebagai tanda kepada pengendara lain untuk memberikan ruang agar bisa menyalip. Namun perlu diketahui juga bahwa klakson tidak boleh digunakan sembarangan atau asal-asalan.

Membunyikan klakson tanpa henti bisa mengganggu pengendara lain dan bisa diartikan sebagai bentuk provokasi terhadap pengemudi lainnya. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk membunyikan klakson dengan santun.

5. Jaga Jarak

Pada saat menyalip kendaraan lain, pastikan posisi kendaraan Anda berada dalam jarak aman untuk menyalip. Jangan sampai terlalu dekat dengan posisi kendaraan lain, karena bisa mengakibatkan kendaraan tersebut tergores atau terserempet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)