Pahami, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matic

Kamis, 09 Juni 2022 - 12:39 WIB
loading...
A A A
3. Sering Pindah Transmisi Mobil Matik saat di Kemacetan

Apabila terjadi kemacetan biasanya pengemudi matik melakukan perpindahan transmisi Drive (D) ke Neutral/No gear (N) atau sebaliknya secara berulang-ulang.

Hal tersebut memang diperbolehkan, namun tidak perlu terlalu sering mengubah posisi transmisi karena komponennya memiliki kompensasi ketika mobil berhenti dalam waktu yang tidak lama. Cukup menahan laju mobil dengan menginjak rem apabila kondisi macet tersendat-sendat.

Mobil transmisi matik itu akan selalu ada kompensasi, ketika berhenti beberapa detik, tekanan pada girboks itu berkurang, sehingga tak perlu ganti D ke N dan sebaliknya terus karena itu mengurangi kenyamanan berkendara. Apalagi saat sudah maju dan lupa memasukkan transmisi, yang ada ketika sudah menginjak gas dan memasukan gigi ke D malah loncat mobilnya, tentunya akan berbahaya.

4. Kurang Memperhatikan Posisi Transmisi saat Parkir

Meskipun tuas transmisi pada mobil matik terkesan sederhana, salah posisi transmisi bisa membuat mobil berjalan di luar kendali.
Terkadang orang berpikir mobil hendak maju, padahal posisi gigi mundur, apabila tidak berhati hati mobil akan meluncur tak terkendali.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3633 seconds (0.1#10.140)