Kurangi Kecelakaan Sepeda Motor, Begini Cara Membuka Pintu Mobil yang Benar

Senin, 13 Mei 2024 - 19:00 WIB
loading...
Kurangi Kecelakaan Sepeda Motor, Begini Cara Membuka Pintu Mobil yang Benar
Cara membuka pintu mobil sangat sederhana tapi jika tidak hati-hati bisa bikin orang lain celaka. (Foto: Yanko Design)
A A A
JAKARTA - Angka kasus kecelakaan sepeda motor ternyata sebagian besar diakibatkan oleh pengemudi mobil yang membuka pintu sembarangan.

Melalui akun Instagram @tmcpoldametro, kepolisian membagikan cara yang benar untuk membuka pintu mobil. Dalam video yang diunggah, diperlihatkan serangkaian kecelakaan akibat pengemudi membuka pintu mobil sembarangan.

“Sederhana tapi bisa bikin orang lain celaka: Buka pintu mobil sembarangan! Pastikan tidak ada kendaraan yang sedang melintas ketika kamu membuka pintu mobil ya Sobat! Karena sejatinya, buka pintu mobil mirip-mirip kayak buka pintu hati. Kalo nggak hati-hati, bisa celaka!,” bunyi keterangan dalam unggahan video tersebut dilansir, Senin (13/5/2024).

Dalam unggahan video tersebut, seorang petugas memberikan cara membuka pintu mobil yang benar. Hal tersebut dilakukan mulai dari memberhentikan mobil, hingga akan keluar dari mobil.



“Cara membuka pintu mobil yang benar. Melihat ke belakang dan samping mobil, apakah ada kendaraan yang melintas. Jika sepi, aman untuk buka pintu mobil, buka pintu dan hati-hati melangkah,” bunyi keterangan dalam unggahan video.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kelalaian pengendara kendaraan bermotor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas dapat dikenakan sanksi denda dan kurungan penjara.

Melihat video tersebut, banyak warganet yang pernah mengalami hal serupa akibat pengemudi mobil yang sembarangan membuka pintu. Mereka merasa video edukasi ini sangat penting karena masih banyak orang yang tak mempedulikan pengguna jalan lain.



“Manusia banyak gak bisa lihat spion baik motor maupun mobil. spion motor org lebih parah, spion menghadap ke berbagai macam arah,” tulis warganet @ontedeu***.

“Saya pernah jadi korban nya di dekat lampu merah sebelum Taman Anggrek. Terus sy omelin orang nya yg buka pintu sembarangan,” tulis @ellisa***.

“Yang simple kaya gini aja kadang suka disepelekan,” tulis @marsh***.

“Terimakasih atas share edukasinya. Memang agak laen warga konoha yg suka egois buka pintu mobil dan tidak bertanggung jawab sehingga banyak korban jatuh dan luka--iya kalau jatuh hati sih gpp, tapi ini jatuh ke aspal dan luka2,” tulis @pecinta.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)
pixels