Jenis-Jenis Velg Mobil Berdasarkan Material Pembuatannya

Rabu, 16 Juni 2021 - 12:00 WIB
loading...
A A A
Didasari material tersebut, velg alumunium digadang lebih kuat dengan bobot yang lebih ringan. Selain itu, velg jenis ini lebih mudah dibentuk menjadi berbagai jenis desain.

Velg magnesium
Jenis-Jenis Velg Mobil Berdasarkan Material Pembuatannya


Velg berbahan magnesium merupakan salah satu velg yang tidak sepopuler dibandingkan velg lainnya, meskipun velg magnesium digadang lebih kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan velg alumunium.

Velg magnesium juga lebih mampu meredam guncangan dan panas dari rem. Ketidakpopuleran itu disebabkan karena lebih rentan terhadap korosi.

Dengan begitu, velg magnesium kebanyakan hanya digunakan untuk keperluan balapan. Tetapi sebagai catatan, velg magnesium tidak mudah terbakar, meski berbahan dasar material yang mudah terbakar.

Velg karbon
Jenis-Jenis Velg Mobil Berdasarkan Material Pembuatannya


Jika dibandingkan tiga jenis material velg sebelumnya, velg karbon merupakan jenis yang pemimpin. Sebab, karbon fiber sudah lama dikenal sebagai material yang ringan dan kuat

Biasanya, material ini juga digunakan untuk dijadikan chassis serta body dari mobil-mobil supercar.

Namun, proses pembentukannya tidak semudah dan secepat logam seperti alumunium dan besi. Terlebih harganya juga cenderung lebih mahal.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4387 seconds (0.1#10.140)