Waspada Jika Berkendara di Samping Truk, Ikuti Tips Ini Biar Aman

Kamis, 06 Januari 2022 - 20:42 WIB
loading...
A A A
Situasi ini berbahaya karena akan membuat mobil berada di blind spot truk dan bisa tertabrak. Apalagi truk muatan penuh tidak bisa langsung berhenti mendadak karena harus ada jarak.

2. Perhatikan Manuver Truk

Jangan segan-segan memberikan ruang bila truk di depan memberi isyarat untuk melakukan manuver, seperti berbelok, putar arah, atau parkir. Hentikan kendaraan dan tunggu sampai posisi truk benar-benar aman.

Apabila posisi mobil berada di sisi dalam radius manuver truk tersebut. Maka akan terjadi blind spot yang akan membuat pengemudi terancam bahaya jika tidak sabar menunggu.

3. Jaga Jarak Aman

Jangan mengikuti truk terlalu dekat karena mobil tidak terlihat oleh sopirnya. Jaga jarak aman membuat pengemudi mobil bisa mengantisipasi pergerakan truk, apabila bila truk tersebut mengerem mendadak.

Menjaga jarak aman bukan sekadar memberi ruang gerak bagi truk, namun juga membuat mobil mudah terlihat oleh sopir truk. Semakin dekat jarak mobil dengan truk, semakin sulit sopir truk mengawasi mobil lainnya.

4. Berikan Tanda atau Isyarat

Berikan tanda ketika mobil ingin mendahului truk, bisa dengan lampu dim atau klakson. Dengan cara itu memberikan sinyal kepada pengemudi truk dapat menyadari keberadaan mobil lainnya dan menjaga kewaspadaannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3965 seconds (0.1#10.140)