Sekring Motor, Bentuk dan Fungsi yang Perlu Anda Pahami

Selasa, 01 Maret 2022 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Baca juga : Kejutan, 1 dari 4 Batmobile di Film The Batman Justru Mobil Listrik Tesla

2. Jenis Sekring Motor

Setelah mengetahui fungsi dari sekring motor, anda juga harus paham mengenai jenis-jenis sekring motor. Secara umum, ada dua jenis sekring motor yang sering digunakan, yaitu Sekring Tancap (Blade Fuse) dan Sekring Tabung (Tube Fuse).

- Sekring tancap
Sekring Motor, Bentuk dan Fungsi yang Perlu Anda Pahami


Sekring tancap atau fuse blade merupakan jenis sekring motor yang digunakan pada motor-motor keluaran terbaru. Asal mula penamaan sekring tancap didasarkan pada cara pemasangannya dengan cara ditancapkan.

Sekring tancap memiliki warna yang berbeda-beda disesuaikan dengan kegunaan dan kapasitasnya. Dalam hal ini, pemilihan sekring sesuai kapasitas listrik pada motor sangatlah penting untuk menghindari kerusakan pada sekring. Warna dari sekring motor diantaranya adalah sebagai berikut:

- Warna Oranye (5 Ampere)
- Warna Merah (10 Ampere)
- Warna Biru (15 Ampere)
- Warna Kuning (20 Ampere)
- Warna Bening atau Ungu (25 Ampere)
- Warna Hijau (30 Ampere)

- Sekring tabung
Sekring Motor, Bentuk dan Fungsi yang Perlu Anda Pahami


Sekring tabung atau tube fuse merupakan jenis sekring yang banyak digunakan pada motor keluaran lama. Sekring tabung memiliki sebuah tabung bening yang membungkus kawat pengaman, sehingga pengendara yang menggunakan sekring jenis ini dapat dengan mudah melihat kondisi sekring masih aman atau sudah rusak.

Sekring tabung jarang digunakan pada motor keluaran terbaru karena menyita ruang yang cukup besar pada motor. Selain itu, timah dalam sekring mudah meleleh jika soket kendor serta mudah terlepas apabila terdapat getaran mesin akibat arus listrik berlebih.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2659 seconds (11.252#12.26)