Berjaya dan Penuh Kenangan, Ini 4 Truk Legendaris di Indonesia

Kamis, 11 Agustus 2022 - 11:21 WIB
loading...
A A A
Truk Thames Trader merupakan produk dari Ford Motor Company asal Dagenham, Inggris yang masuk ke Indonesia melalui NV Indonesian Republic Motor Company.

Tak tanggung-tanggung, truk ini masuk ke Tanah Air sebanyak 1.500 unit dalam bentuk CBU. Sedangkan 3.000 unit lainnya dalam wujud CKD.

Paling diingat, Thames Trader mempunyai kecepatan cukup lambat saat di jalan datar. Namun tidak ketika menanjak, sebab truk ini bisa melahap medan tersebut dengan mudah.



3. Mercy Bagong
Berjaya dan Penuh Kenangan, Ini 4 Truk Legendaris di Indonesia


Di Jerman truk ini disebut Mercedes-Benz (MB) Kurzhauber atau short-nosed, short-bonnet atau short hood. Di Indonesia truk itu legendaris dengan nama Mercy Bagong atau Mercy Nonong.

Sebutan Mercy Bagong ini karena truk buatan Mercedes-Benz ini punya wajah mirip tokoh Punakawan. Mercy Bagong dari pabrik dibekali sepasang lampu depan bundar berukuran besar dan bentuk kap mesin pendek melengkung yang mirip wajah Bagong.

Sementara itu kata Nonong diyakini berasal dari Bahasa Jawa yang artinya "dahi yang menonjol" alias jidat jenong. Julukan ini tampaknya berasal dari bentuk kap mesin Mercy Bagong.

4. Fuso Colt Diesel
Berjaya dan Penuh Kenangan, Ini 4 Truk Legendaris di Indonesia


Di Tanah Air kendaraan komersial ini lebih dikenal dengan nama Colt Diesel atau Si Kepala Kuning. Truk ini menjadi cikal bakal dari kesuksesan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation, yang saat ini hadir dengan bendera PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4431 seconds (0.1#10.140)