Bukan Hanya Aki Basah dan Kering, Ini 6 Jenis Aki Mobil...

Senin, 21 Juni 2021 - 14:05 WIB
loading...
A A A
3. Aki kalsium

Aki ini pasti terdengar asing karena tersediaan barang yang tidak banyak. Kutub jenis aki mobil ini dibuat dari bahan kalsium sehingga dinamakan menjadi aki kalsium. Aki ini memiliki tingkat penguapan yang jauh lebih rendah dari pada aki kering maupun basah sehingga diklaim menjadi yang paling irit dan rendah penguapan.

Kelebihan aki kalsium memiliki daya tahan baterai yang sangat baik dalam menyalurkan listrik. Namun yang menjadi kekuranganya aki kalsium memiliki harga yang mahal, apalagi mengingat jumlahnya terbatas dan kurang populer di Indonesia.

4. Aki hybrid

Aki hybrid adalah perpaduan antara aki kering, basah, dan kalsium. Tingkat penguapan aki hybrid ini tergolong minimum dengan perawatan yang cukup mudah. Sayangnya, cairan elektrolit dalam aki hybrid memiliki sifat korosif terhadap mesin mobil. Maka dari itu dalam jangka waktu pendek, cairan ini bisa cepat merusak komponen mesin.

5. Aki MF AGM

MF AGM adalah singkatan dari maintenance free absorbent glass mate. Keunggulan aki jenis ini adalah adanya teknologi yang membuat air aki terperangkap di dalam separator khusus. Aki ini disarankan bagi pemilik mobil tipe off-road. Sebab aki jenis ini karena unggul pada daya tahan dan kekuatan dibanding aki lainnya.


6. Aki gel

Selanjutnya ada aki tercanggih dengan menggunakan cairan elektrolit berupa gel. Dikarenakan aki ini tidak menggunakan cairan elektrolit, maka aki gel ini tidak bersifat korosif serta merusak komponen mesin mobil. Kelebihan dari aki ini adalah perawatan yang relatif simpel dan memiliki tingkat keawetan yang cukup lama.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)