6 Cara Merawat Motor Sport Agar Awet dan Tahan Lama

Rabu, 12 Januari 2022 - 22:30 WIB
loading...
A A A
4. Pantau Kondisi Sistem Kelistrikan
Kelistrikan merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Tanpa adanya komponen tersebut, mesin motor tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, kondisi sistem kelistrikan harus pantau secara berkala agar motor tetap nyaman saat dikendarai. Terlebih bagi motor sport yang hanya menggunakan starter electric. Pengecekan kondisi sistem kelistrikan bisa dilakukan melalui aki. Apakah aki masih layak digunakan atau tidak.

5. Lakukan Servis Motor Secara Rutin
6 Cara Merawat Motor Sport Agar Awet dan Tahan Lama

Perbaikan komponen atau sistem pada sebuah kendaraan tidak bisa Anda lakukan sendiri. Tetap perlu tenaga lebih ahli untuk melakukannya.

Supaya motor tetap prima, lakukan servis rutin di bengkel resmi. Hal tersebut sebagai wujud antisipasi apabila ditemukan kerusakan pada spare part bisa segera diperbaiki.

6. Periksa Kondisi Rantai dan Ban
Jangan lupa pula untuk memeriksa kondisi rantai dan ban motor. Pastikan keduanya aman digunakan untuk berkendara. Apabila menemui ban motor Anda sudah dalam kondisi halus, segera lakukan penggantian.

Ban yang sudah halus akan sangat berbahaya digunakan saat berkendara. Tipis dan halusnya ban akan terasa licin ketika digunakan. Hal tersebut sangat berbahaya jika dibiarkan karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Rantai motor juga tidak boleh dibiarkan dalam kondisi terlalu kering. Harus memiliki pelumas rantai agar tidak mudah rusak dan aman digunakan. Apabila rantai sudah kendor, segera ganti dengan yang baru. Dengan demikian, mau kemanapun Anda pergi rasanya tetap aman dan nyaman.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4324 seconds (0.1#10.140)