9 Penyebab Lampu Motor Redup, Nomor 6 Paling Sering Terjadi

Sabtu, 29 Januari 2022 - 14:51 WIB
loading...
A A A
5. Fitting Lampu Korslet

Fitting lampu yang korslet dan terbakar biasanya diakibatkan dari penggunalan bohlam yang tidak standar. Misalnya motor Anda biasa mengunakan bohlam standar ukuran 24 watt 12 volt malah memakai 35 watt 12 volt biar nyala lebih terang.

Akibatnya fitting lampu tak kuat menerima arus sehingga dudukan lampu yang terbuat dari tembaga terbakar sehingga menghambat arus listrik sehingga lampu redup.

6. Aki Lemah

Aki merupakan pusat penyimpanan arus listrik pada kendaraan. Baterai atau aki inilah yang berfungsi untuk menyediakan sumber listrik, sehingga mesin kendaraan Anda dapat dihidupkan.

Apabila jenis motor Anda menggunakan sistem penerangan DC, maka seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan pun ikut melemah. Lampu motor yang mendapat sumber listrik dari aki juga ikut terpengaruh.

Lain halnya jika jenis motor Anda menggunakan sistem penerangan AC. Di sini, sumber arus penerangan yang digunakan berasal dari spull penerangan, sehingga aki tidak begitu berpengaruh.

7. Spul Lemah

Ketahanan komponen ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terang atau redupnya nyala lampu motor. Anda harus mengukur ketahanan komponen ini untuk mengecek normal-tidaknya spull penerangan.

Apabila ketahanan komponen ini berkisar 0,2-1,2 ohm pada kondisi mesin 40 derajat, maka komponen ini dinyatakan normal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)