Mengenal Apa Itu Sistem Contraflow dan One Way di Jalan Tol

Jum'at, 29 April 2022 - 19:45 WIB
loading...
A A A
Sementara, bagi kendaraan yang menuju Jakarta dapat menggunakan tol lainnya ataupun alternatif jalan non-tol.

Penerapan one way arus mudik di tol Trans Jawa mulai berlaku pada tanggal 28 April 2022 pukul 17.00 WIB. One way akan berlaku dari KM 47 tol Jakarta-Cikampek sampai KM 313 gerbang tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Sementara contraflow secara harfiah berarti melawan arus. Contraflow merupakan sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah arah laju kendaraan berlawanan dari arah normal.

Berbeda dari one way yang mengalihkan arus kendaraan pada semua lajur jalan, contraflow umunya diterapkan di satu atau dua lajur saja. Baik one way maupun contraflow sama-sama bertujuan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di jalan.



Rekayasa lalu lintas ini diterapkan bersamaan dengan sistem ganjil genap. Baik sistem one way atau ganjil genap arus mudik akan dimulai dari Tol Cikampek hingga gerbang Tol Kalikangkung di Semarang, Jawa Tengah.

Sementara, sistem ganjil genap dan one way arus balik bakal diterapkan selama 6-8 Mei 2022. Kebijakan ini akan dimulai dari Tol Kalikangkung hingga Tol Cikampek dan gerbang Tol Halim, Jakarta Timur.

Jadi itulah pengertian one way dan contraflow , sebagai pemudik yang bijak kita tentunya harus mengerti istilah istilah ini dan dimana saja aturan ini akan berlaku nantinya, sehingga ketika di jalan kita tidak bingung bahkan harus sampai melanggar aturan.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)