Ini Penyebab Oli Motor Cepat Habis dan Bisa Bikin Mesin Jebol

Jum'at, 18 Maret 2022 - 14:22 WIB
loading...
A A A
Terlalu banyaknya campuran bahan bakar udara yang masuk ke ruang oli tentunya dapat menyebabkan oli tersebut terbakar dan oli menjadi lebih cepet habis. Hal ini juga akan menyebabkan motor mengeluarkan asap yang cukup banyak.



Solusi untuk ring piston rusak adalah dengan melakukan overhaul. Masalah ini bisa dihindari dengan cara melakukan perawatan yang rutin, khususnya yang terkait dengan oli mesin dan sistem pendinginan mesin (air radiator).

3. Kekentalan oli Tidak Sesuai

Bila menggunakan oli yang lebih kental daripada yang direkomendasikan, maka motor akan terasa lebih berat. Bila oli yang digunakan lebih encer daripada yang direkomendasikan, maka motor akan terasa lebih ringan.

Sebaiknya gunakan oli sesuai dengan spesifikasi motor atau standar dari pabrikan. Ada baiknya bila ingin mengisi oli, melihat buku pedoman terlebih dahulu untuk mengetahui jenis oli yang dibutuhkan oleh mesin motor.

4. Sering Ngebut

Pemakaian motor yang tidak normal seperti ugal-ugalan juga dapat membuat oli mesin cepat habis. Mesin yang terlalu digeber akan cepat panas dan menyebabkan oli menguap dan berkurang.

Jika tidak ingin oli mesin cepat habis gunakan motor dengan normal. Jangan sering gaspol kendaraan kalian. Ini juga tentu akan berdampak pada awetnya kendaraan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3072 seconds (0.1#10.140)